Wabup Garut Dorong Generasi Muda Miliki Minat Usaha Bertani

JABARNEWS | GARUT – Dalam upaya menjaga generasi penerus terhadap pengembangkan pertanian dan kebutuhan pangan masyarakat, meminta generasi muda di Kabupaten Garut untuk memiliki minat usaha bertani.

Wakil Bupati Garut Helmi Budiman menuturkan, Pemeritah Kabupaten Garut terus berupaya membangkitkan semangat anak muda dalam menciptakan generasi baru petani yang andal mengembangkan berbagai jenis produk pertanian.

“Sekarang pertanian di Garut ini menghadapi ancaman kehilangan generasi penerus, karena pertanian dianggap tidak menarik,” kata Wakil Bupati Garut Helmi Budiman kepada wartawan di Garut, Minggu (22/12/2019).

Baca Juga:  Dari Bogor hingga ke Garut, Ridwan Kamil Minta Warga di Empat Daerah Ini Waspada Banjir dan Longsor

Selama ini, lanjut dia, generasi muda tidak tertarik terjun ke usaha pertanian karena berbagai alasan, salah satunya lama menunggu hasil panen untuk mendapatkan keuntungan dari usaha bertani.

“Sekarang kami upayakan membuat bibit unggul, misalkan sekarang jeruk di tahun kedua sudah berbuah, masih memiliki prospek untuk kita,” katanya.

Baca Juga:  Sempat Tulis Pesan Minta Maaf, Remaja Ini Akhiri Hidupnya Dengan Gantung Diri

Ia menyampaikan, Dinas Pertanian Garut saat ini sudah melakukan upaya menyiapkan bibit unggul agar bisa ditanam di lahan terbatas dan hasil panennya memuaskan.

Menurut dia, bibit yang unggul akan menghasilkan panen yang baik, bahkan masa panennya akan lebih cepat sehingga petani bisa secepatnya mendapatkan untung dari bertani.

“Misalkan sekarang ada bibit unggul seperti alpukat yang semula bisa berbuah lima tahunan, sekarang dua tahun sudah bisa,” katanya.

Baca Juga:  Pulihkan Ekonomi, Hotel dan Restoran di Kota Bogor Terima Hibah Rp73 Miliar

Lahan yang dibutuhkan juga tidak terlalu jauh antara satu tanaman dengan tanaman lainnya sehingga bisa menanam dan memanen lebih banyak.

“Kemarin saya ke China ternyata dengan bibit unggul lahan yang awalnya jarak tanam 4 meter ke 4 meter, sekarang bisa 2 meter ke 2 meter,” katanya. (Ara)