Menhub Menilai Kemacetan Tol Japek Euforia Masyarakat

JABARNEWS | BEKASI – Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menegaskan masih menimbulkannya kemacetan di Tol Layang Jakarta-Cikampek bukanla suatu kegagalan.

Menhub menilai baik apabila Tol Jakarta-Cikampek (Japek) layang menjadi pilihan masyarakat yang akhirnya beramai-ramai untuk mencoba jalur baru tersebut.

“Itu euforia masyarakat saja, contohnya saya jual martabak, martabaknya enak orang pada datang, banyak orang yang beli dalam satu jam sudah habis, masa saya dibilang gagal,” ujar Budi Karya Sumadi Minggu (22/12/2019)

Baca Juga:  Polisi di Cianjur Pasang Stiker Maklumat Kapolri, Tentang Kepatuhan Prokes

Ia menjelaskan dengan adanya tol tersebut bisa mempercepat waktu tempuh kendaraan, contohnya Jakarta-Bandung dari empat jam menjadi tiga jam.

“Japek saya pikir sejauh ini baik. Kalaupun kemarin terjadi suatu lonjakan karena memang euforia atau ekspektasi orang untuk menggunakan itu tinggi sekali,” katanya.

Baca Juga:  Pemindahan Kantor Pemprov Jabar Ke Tegalluar, Ini Respon Pemkab Bandung

“Mengapa saya katakan bagus? Karena sekarang ini rata-rata Jakarta Bandung sekarang sudah 3 jam 3,5 jam sebelumnya empat jam. Lebih banyak yang mengatakan oke,” katanya.

Namun, lanjut dia, aTol Japek layang tersebut.

“Jadi kita evakuasi, kita perbaiki kekurangan-kekurangan Insya Allah dalam waktu tiga bulan ini akan selesai sehingga menjadi baik,” katanya.

Baca Juga:  Pilkada di Tengah Pandemi Covid-19, Paguyuban Pasundan: Sangat Dilematis

Budi mengusulkan akan membatasi pergerakan kendaraan yang melintasi tol layang tersebut.

“Nantinya kita lihat. Kita akan batasi orang yang naik ke atas, saya yakin oke. Jadi saya tinggal akan mengawasi. Kalau sudah sekian ribu lebih saya batasi,” katanya. (Ara)