Pemkab Purwakarta Terima Penghargaan Pasar Tertib Ukur

JABARNEWS | PURWAKARTA – Pemerintah Kabupaten Purwakarta belum lama ini menerima penghargaan Pasar Tertib Ukur (PTU) 2019 dari Menteri Perdagangan RI, Agus Suparmanto.

Penyerahan penghargaan tersebut dilaksanakan dalam acara bertajuk “Satu Nusa, Satu Ukuran” di Aula Trans Luxury Hotel Bandung, Jawa Barat, Jumat (20/12/2019).

Selain itu, Mendag juga menetapkan 245 pasar tertib ukur yang tersebar di 93 Kabupaten/Kota se-Indonesia.

Penghargaan PTU untuk Kabupaten Purwakarta ditujukan untuk Pasar Citeko Plered. Hal itu berdasarkan hasil penilaian yang telah dilakukan oleh Direktorat Jenderal Perlindungan Konsumen dan Tertib Niaga.

Baca Juga:  [INFOGRAFIS] Putuskan Rantai Penyebaran Covid-19

“Alhamdulillah setelah dilakukan penilaian hasilnya baik yang akhirnya kita mendapat penghargaan. Artinya, kesadaran wajib tera di pasar dalam hal tera/tera ulang sudah baik. Itu juga menunjukkan peran aktif pemerintah dalam hal ini Dinas Koperasi UKM, Perindustrian dan Perdagangan (DKUPP) Purwakarta,” kata Kepala DKUPP Purwakarta, Hj. Karliati Djuanda, Senin (23/12/2019).

Baca Juga:  MoU Pemerintah Kecamatan Sibolangit dengan Cabjari Pancur Batu, Ini Tujuannya

Karliati menjelaskan, selain Pasar Citeko Plered, di tahun 2020 mendatang, pihaknya akan mengusulkan dua pasar lainnya yang ada di Purwakarta menjadi PTU, yakni Pasar Wanayasa dan Pasar Ki Sunda Leuwi Panjang.

Setelah tiga pasar yang dibina oleh Pemkab Purwakarta tersebut bisa ditetapkan sebagai PTU, pihaknya pun menargetkan Kabupaten Purwakarta menjadi salah satu daerah yang menerima penghargaan Daerah Tertib Ukur (DTU).

Program pembentukan DTU dan PTU sendiri merupakan hasil sinergitas antara pemerintah pusat dan pemerintah daerah. Agar terpilih sebagai DTU dan PTU, pemerintah daerah harus melaksanakan berbagai kegiatan, di antaranya pendataan alat ukur, sosialisasi kepada masyarakat, pelayanan tera dan/atau tera ulang, serta pelaksanaan pengawasan secara terpadu dan berkesinambungan.

Baca Juga:  Bentengi Madrasah dari Narkoba, Inilah Peran Kemenag Purwakarta

“Kita harapkan dukungan dari para pedagang dan masyarakat, agar Kabupaten Purwakarta bisa mendapatkan penghargaan Daerah Tertib Ukur di tahun mendatang,” ucapnya. (Zal)