Jalur KA Bogor-Sukabumi Kembali Normal Pasca Longsor

JABARNEWS | BOGOR – PT Kereta Api Indonesia (PT KAI) memastikan bahwa operasional Kereta Api (KA) jurusan Bogor-Sukabumi maupun sebaliknya sudah kembali normal. Sebelumnya PT KAI membatalkan sejumlah perjalanan dan melakukan pemotongan relasi sampai dengan Stasiun Cigombong, Bogor, Jawa Barat.

Kebijakan itu diambil setelah jalur Kereta Api (KA) relasi Bogor-Sukabumi maupun sebaliknya terdampak longsor pada Minggu (22/12/2019) karena diguyur hujan lebat. Akibatnya, ratusan penumpang yang hendak ke Sukabumi, Bogor maupun Jakarta sempat tertahan di stasiun tersebut, Senin (23/12/2019).

Baca Juga:  Hasil Tes Cepat, Puluhan Wisatawan di Sukabumi Reaktif Covid-19

Kini, PT KAI telah merampungkan perbaikan rel di perlintasan Stasiun Maseng-Cigombong, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, yang sempat tertimbun longsoran.

“Perbaikan selesai pada Senin pukul 11.54 WIB. Selanjutnya jalur dapat dilalui KA 225 relasi Sukabumi-Bogor mulai pukul 12.04 WIB,” kata Kepala Humas PT KAI Daop 1 Jakarta, Eva Chairunisa, Senin (23/12/2019).

PT KAI dibantu oleh Satker DJKA Kementerian Perhubungan (Kemenhub) dalam melakukan perbaikan rel KA sepanjang 70 meter akibat tertimbun longsor pada Minggu (22/12/2019) malam. Akibat peristiwa itu perjalanan KA Bogor-Sukabumi pada Senin pagi tidak maksimal karena operasionalnya hanya dilakukan sebatas pada lintasan Stasiun Cigombong-Stasiun Sukabumi.

Baca Juga:  Fadli Zon dapat Pembelaan Usai Ditegur Prabowo dari Fahri Hamzah, Begini Katanya

“PT KAI Daop 1 Jakarta mengucapkan permohonan maaf atas gangguan perjalanan KA Pangrango lintas Bogor-Sukabumi dampak cuaca buruk,” kata Eva.

PT KAI Daop 1 Jakarta memperkenankan para pengguna KA Pangranggo yang terdampak dan telah melakukan transaksi tiket untuk melakukan pembatalan perjalanan dengan pengembalian biaya tiket 100 persen.

Baca Juga:  Hari Ini Uji Coba Flyover Jalan Jakarta-Supratman, Lalin Ada Perubahan?

Pada Minggu (22/12/2019) berlangsung pengembalian biaya untuk 575 tiket yang dilakukan di Stasiun Sukabumi dan Stasiun Bogor. Sedangkan pada Senin dilakukan pengembalian biaya untuk 540 tiket.

Seperti diketahui Jalur lintasan KA Pangrango yang menghubungkan Bogor-Sukabumi itu tertimbun material longsor sepanjang 70 meter di Stasiun Maseng-Cigombong KM 17+400. (Ara)