bjb
itcbet

Waduh! Kaum Ibu Jadi Penyumbang HIV/AIDS Terbanyak di Cianjur

Ilustrasi. (Foto: Net)

JABARNEWS | CIANJUR - Selama ini, ibu rumah tangga dianggap paling tidak berisiko dibanding penjaja seks. Ibu rumah tangga dinilai lebih banyak menghabiskan waktu di dapur dan mengurus anak. Lalu, mengapa kasus HIV-AIDS tertinggi di Indonesia ada pada ibu rumah tangga?

Dinas Kesehatan Cianjur, Jawa Barat mencatat sebanyak 168 Orang Dengan HIV/AIDS (ODHA) baru sepanjang tahun 2019, 40 persen diantaranya ibu rumah tangga. Atas dasar itu, pihaknya mengimbau ibu rumah tangga (IRT) rutin melakukan tes VCT untuk deteksi HIV.

Baca Juga:

Puluhan IRT di Sergai Dapat Pelatihan Buat Tas Bermotif

Polresta Depok Ungkap Aksi Nekat Mamah Muda Mencuri di Rumah Kos



"Penyumbang ODHA tahun ini paling banyak dari lelaki seks laki-laki dan ibu rumah tangga yang rentan tertular HIV/AIDS dari suami yang suka bergonta ganti pasangan di luar rumah," kata Pengelola Program HIV/AIDS Dinkes Cianjur, Cicih Kurniasih di Cianjur, Senin (23/12/2019).

Ia menjelaskan, suami yang sudah terkena HIV akibat seks bergonti-ganti pasangan dengan mudah menularkan pada istrinya, tidak sedikit juga yang kemudian menularkan ke anaknya ketika lahir.
Halaman selanjutnya
Tags : Ibu Rumah Tangga Penjaja Seks Tes VCT ODHA Dinas Kesehatan Dinkes Cianjur HIV/AIDS Komisi Perlindungan AIDS Jabarnews Berita Jawa Barat Berita Terkini Berita Lokal Berita Hiperlokal

berita terkait

58 Kasus HIV/AIDS Ditemukan di Purwakarta Selama 2019

Terlilit Hutang, IRT di Purwakarta Mencoba Bunuh Diri

Persib

Berita Populer

Berita Terkini

Mang Jabar

jabarnews tv

tag populer

unduh aplikasi