Anggota DPR-RI Endang Tampung Aspirasi Masyarakat Cianjur

JABARNEWS | CIANJUR – Anggota Komisi IV DPR RI, dari Partai Gerindra, Ir Hj Endang Setiawati Thohari melaksanakan silaturahmi dan kunjungan kerja dalam rangka reses, di Desa Sukakerta, Kecamatan Cilaku, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, Senin (23/12/2019).

Endang mengatakan reses tersebut sebagai kunjungan kerja perorangan sebagai kewajiban anggota DPR RI di Daerah Pemilihan (Dapil) masing-masing.

“Selain untuk bersilaturahmi, saya juga mengucapkan terimakasih atas kepercayaan yang diberikan, sehingga saya bisa menjadi salah satu wakil rakyat di DPR RI dari Dapil Cianjur,” katanya kepada Jabarnews.com, Senin (23/12/2019).

Endang menjelaskan, pelaksanaan reses juga untuk menampung berbagai aspirasi dari masyarakat yang nantinya akan ditampung, dibahas dan direalisasikan.

Baca Juga:  Peringati Hari Kontrasepsi Sedunia, Ini Yang Dilakukan DPPKB Purwakarta

Salah satu program kerjanya, ujar Endang terkait Sumber Daya Alam (SDA), baik mengenai pertanian, perikanan dan lingkungan hidup serta kehutanan.

Endang mengungkapkan, potensi SDA di Cianjur cukup besar untuk dikembangkan, dan akan berdampak meningkatkan ekonomi masyarakat jika dikelola dengan baik.

“Dalam kesempatan ini saya juga ingin memberikan dorongan serta motivasi, supaya para petani disini hidupnya bisa lebih sejahtera, dan ekonomi mapan,” ujar Endang.

Diketahui, SDA Cianjur ada segudang potensi. Diantaranya potensi palawija, yaitu pisang, jagung, dan lainnya. Nanti akan dicarikan bibit unggul, berarti setelah panen harus ada industri yang mengalir bisa dikelola oleh para petani itu sendiri.

Baca Juga:  Bekasi Syaratkan Hunian Vertikal Maksimal 40 Lantai

Untuk mendapatkan hasil panen yang maksimal, tambah Endang, pertama jangan di panen pada waktu masih muda, dan cara penyimpanan harus baik. Dan yang pasti makanan bergizi itu sebetulnya tidak harus daging atau ikan, jagung pun memiliki banyak vitamin jika diolah dengan benar.

“Yang diperlukan anak-anak sebetulnya SDA yang alamiah dan natural. Tapi karena tidak ada pembekalan pendidikan mereka kurang mengetahui,” jelasnya.

Endang mengaku akan terus memberikan motivasi dan inovasi kepada masyarakat, dan menjelaskan bahwa potensi lokal di Cianjur itu cukup banyak sekali, yang bisa dimanfaatkan.

“Jangan mengucapkan kata sudah cukup, untuk mendapatkan kehidupan yang lebih baik kita jangan takut untuk berinovasi,” tegasnya.

Baca Juga:  DPRD Bekasi: Pemkab Diminta Koordinasi dengan Pemerintah Pusat Soal Pilkades

Sementara itu, Aang Sanusi (40) warga setempat berharap apa yang diaspirasikan warga bisa terealisasi. Karena, memang potensi SDA di wilayahnya sebagian besar pertanian palawija. Lalu, ada juga pengrajin pencetak batako (bata) bahan bangunan.

“Atas nama warga sini, saya mengucapkan terimakasih, dengan kehadiran Hj Endang dan mudah-mudahan aspirasi disampaikan bisa terwujud dan nyata secara kontinyu,” ucapnya.

Untuk diketahui, dalam reses tersebut Endang juga menyerahkan sejumlah bantuan, seperti bibit buah-buahan, bibit padi, jagung dan benih ikan serta pemberian pupuk kepada masyarakat. (CR2/Adv)