Stok Darah PMI Cianjur Cukup Jelang Nataru

JABARNEWS | CIANJUR – Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Cianjur klaim persediaan darah menjelang libur panjang Natal dan Tahun Baru 2020 tercukupi, kecuali untuk stok golongan darah A yang banyak dibutuhkan kondisinya minim.

Humas UDD PMI Cianjur, Reni Sutiana mengatakan stok darah yang ada, kata dia, cukup hingga awal Januari 2020, namun untuk golongan darah A hanya cukup untuk satu hari ke depan karena tingginya permintaan sedangkan pendonor minim.

Baca Juga:  Quick Count Pilbup Bandung Barat: Aa Umbara - Hengky Kurniawan Unggul

“Stok darah yang tersedia di kantor unit donor darah ada 161 labu. Stok golongan darah A sebanyak 9 labu, B sebanyak 48 labu, O 97 labu dan AB sebanyak 7 labu,” katanya, Selasa (24/12/2019).

Ia menjelaskan, kebutuhan darah di Cianjur setiap bulannya mencapai 1.600 labu, sehingga stok yang ada saat ini, belum dapat memenuhi kebutuhan setiap bulan, sehingga pihaknya melakukan berbagai upaya salah satunya jemput bola ke pendonor.

Baca Juga:  Sambut HUT RI ke- 74, Dishub Jabar Bersihkan Waduk Cirata

“Hampir setiap hari kami melakukan kegiatan donor darah ke beberapa intansi pemerintahan dan sekolah-sekolah. Setiap kegiatan donor darah, kami bisa mendapatkan 25 hingga 50 labu darah dengan berbagai jenis golongan,” katanya.

Bahkan PMI Cianjur, kata Reni Sutiana, memiliki 2.000 pendonor rutin yang sewaktu-waktu dapat mendonorkan darah ketika dibutuhkan.

Baca Juga:  Saat Wisata Majalengka Digenjot, Ada Juga Kendalanya

“Mereka sudah rutin mendonorkan darahnya, bahkan saat mendadak dibutuhkan, tinggal dihubungi,” katanya.

Pihaknya berharap warga di seluruh wilayah di Cianjur rutin mendonorkan darahnya agar kebutuhan darah untuk kemanuasian dapat terpenuhi, sehingga Cianjur tidak lagi kesulitan mendapatkan stok darah. (Red)