Emil Sebut Peran Guru Madrasah Penting Untuk Cetak Generasi Juara

JABARNEWS | BANDUNG – Guru Madrasah sebagai tenaga pendidik yang bertugas di Madrasah memiliki kewajiban dalam mempersiapkan peserta didik yang terampil, berakhlakul karimah. Madrasah sebagai sekolah yang mengkombinasikan kurikulum nasional dan agama merupakan tempat sangat tepat untuk membekali peserta didik dengan kualitas kompetensi dan kualitas akhlak.

Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil mengatakan, guru madrasah menjadi ujung tombak pencetak generasi muda yang unggul dan berkualitas. Selain itu, guru madrasah dapat mencetak karakter keislaman generasi muda Jabar.

“Saya titipkan manusia unggul Jawa Barat kepada para guru madrasah di sini,” kata pria yang akrab disapa Emil dalam acara Silaturahim Guru Madrasah se-Jabar di Balai Asri Pusdai, Kota Bandung, Selasa (24/12/2019).

Baca Juga:  Karikatur Mang Jabar: Duka Di Bawah Pohon Beringin

Menurut Emil, guru madrasah memiliki peran penting dalam mewujudkan visi Presiden RI Joko Widodo, yakni membangun Sumber Daya Manusia (SDM) unggul, dan menyambut Indonesia Emas 2045.

“Tahun emas 2045, tepat 100 tahun Indonesia merdeka. Tahun itu Indonesia salah satu dari empat negara adidaya di dunia. Syaratnya ekonomi harus terjaga, sosial-politik harus kondusif, dan generasi mudanya harus kompetitif, inilah ladang amal bagi guru-guru madrasah,” ucapnya.

Emil juga menyampaikan, Pemerintah Daerah (Pemda) Provinsi Jabar saat ini memiliki pandangan bahwa pembangunan tidak hanya soal dimensi lahiriah, tetapi juga batiniah. Maka itu, kata dia, Pemda Provinsi Jabar meluncurkan program keumatan, seperti Magrib Mengaji.

Baca Juga:  Banyak Diserang, Emil Klaim Dirinya Orang Baik

“Oleh karena itu, Pemerintah Provinsi Jawa Barat meluncurkan program-program keumatan seperti Magrib Mengaji, Subuh Berjamaah, Satu Desa Satu Hafidz dan beberapa program lainnya,” jelasnya.

Sedangkan, Kepala Bidang Pendidikan Madrasah Kantor Wilayah Kementerian Agama Jabar, Abudin, berharap Perkumpulan Guru Madrasah Indonesia (PGMI) Jabar dapat meningkatkan kualitas pendidikan di madrasah, mulai dari Raudhatul Athfal (RA), Madrasah Ibtidaiyah (MI), Madrasah Tsanawiyah (MTs), sampai Madrasah Aliyah (MA). Abudin mendorong seluruh guru madrasah Jabar untuk mengikuti Pendidikan Profesi Guru (PPG).

Baca Juga:  Ridwan Kamil Pastikan Pasokan Kepokmas Aman Jelang Nataru

“Kami merasa bangga kepada bapak /ibu yang telah jadi garda terdepan membawa pendidikan Jawa Barat,” ujar Abudin.

Sementara itu, Ketua Umum PGMI Jabar Heri Purnama mengatakan bahwa silaturahmi guru madrasah se-Jabar menjadi momentum bagi semua pihak untuk menyampaikan aspirasinya.

“Tidak boleh lagi ada dikotomi perlakuan berbeda antara guru PNS dan Non-PNS. Kita satu visi misi satu posisi. Guru madrasah yang mewarisi ilmu kepada anak bangsa. Bangsa kita ini berdiri salah satunya berkat sumbangsih guru madrasah Indonesia,” tutupnya.

Untuk diketahui, acara tersebut dihadiri oleh sekitar 4.820 guru madrasah berbagai tingkatan dari seluruh kota/kabupaten se-Jabar. (RNU)