bjb
itcbet

Inilah Daftar Lengkap Daerah yang Dilintasi Gerhana Matahari Cincin

Jalur perlintasan gerhana matahari di Indonesia. (Foto: Heaven-Above.com)

JABARNEWS | BANDUNG - Gerhana Matahari pada 26 Desember 2019 ini adalah gerhana Matahari cincin. Buat yang belum tau, gerhana Matahari cincin terjadi ketika Matahari-Bulan-Bumi berada segaris lurus di bidang tata surya. Tapi, ketika kesejajaran itu terjadi, Bulan bertepatan dengan jarak terjauhnya dari Bumi, membuat diameter sudut (diameter kenampakannya dari Bumi) jadi lebih kecil daripada diameter sudut Matahari.

Hal itulah yang bikin Matahari tidak akan tertutup sempurna oleh Bulan saat puncak gerhana Matahari cincin 26 Desember 2019 nanti terjadi, melainkan menyisakan sekitar 6% bagian pinggiran Matahari, yang nantinya akan kelihatan seperti cincin. Dengan kata lain, 94% wajah Matahari akan tertutupi oleh Bulan.

Baca Juga:

Rekayasa Cuaca Jadi Pertimbangan Pemrov Jabar Atasi Kekeringan

Terjadi Gempa Bumi Berkekuatan 7,7 SR di Maluku, Tak Berpotensi Tsunami



Tapi, tidak semua wilayah bisa mengamati gerhana Matahari cincin ini ya, Menurut EarthSky.org hanya daerah-daerah yang dilalui jalur gerhana aja, dengan persentasenya sebagai berikut:

Wilayah yang bisa mengamati gerhana Matahari cincin cuma Sibolga, Padang Sidempuan, Siak, Batam, Singkawang, Entikong, dan Tanjung Selor. Sementara wilayah-wilayah lainnya cuma bisa mengamati gerhana Matahari sebagian.
Halaman selanjutnya
Tags : Gerhana Matahari Cincin Gerhana Matahari BMKG Info BMKG Jabarnews Berita Jawa Barat Berita Terkini Berita Lokal Berita Hiperlokal Berita Gerhana

berita terkait

Suhu 'Gado-Gado' Menyelimuti Wilayah Majalengka

Gempa Bermagnitudo 5,9 SR Guncang Pangandaran

Persib

Berita Populer

Berita Terkini

Mang Jabar

jabarnews tv

tag populer

unduh aplikasi