Pastikan Natal Aman, Ini yang Dilakukan TNI-Polri di Purwakarta

JABARNEWS | PURWAKARTA – Polres Purwakarta gencar melakukan patroli pengamanan jelang Natal 2019 dan Tahun Baru 2020. Hal ini dilakukan untuk memastikan masyarakat aman, tenang dan damai jelang perayaan Natal Kapolres Purwakarta, AKBP Matrius melakukan patroli dan meninjau beberapa gereja yang ada di Kabupaten Purwakarta, Selasa (24/12/2019).

“Kegiatan ini salah satu upaya untuk menciptakan dan menunjukan bahwa Polres Purwakarta serius dalam rangka memberikan kenyamanan dan keamanan masyarakat dari berbagai lapisan masyarakat,” kata Matrius.

Kapolres menambahkan, pihaknya telah melakukan kegiatan sterilisasi, memeriksa kondisi lingkungan lokasi tempat ibadah umat nasrani yang akan melaksanakan ibadah perayaan natal.

Baca Juga:  Dua Orang Warga Binaan di Lapas Tasikmalaya Coba Kabur: Loncat dari Tembok, Ketahuan Satpam

“Kami kepolisian dan dibantu rekan-rekan TNI dari Kodim 0619 Purwakarta, ini melakukan pemeriksaan untuk memberi keyakinan, memberi kenyamanan saudara kita yang merayakan Natal,” katanya.

Dikatakannya, dari kegiatan ini terpantau para jemaat fokus dan khusyuk menjalankan ibadahnya tanpa ada rasa cemas atau resah.

Dia melanjutkan, mereka tidak merasa terganggu dengan adanya polisi dan TNI yang mendatangi tempat ibadahnya.

“Kita upayakan dengan peralatan yang ada tetap kita lakukan secara maksimal. Selain itu, Kami juga imbau kepada pengurus gereja supaya ikut bantu Polri terkait pengamanan,” ujar Matrius.

Baca Juga:  Keren, Pusat Zakat Umat Raih WTP Laporan Keuangan ke-11 Kalinya

Menurutnya, Kapolres Purwakarta dalam memberikan keamanan dan kenyamanan kepada masyarakat tidak bisa bekerja sendiri, beberapa unsur terkait seperti TNI, Pemkab Purwakarta, dan lain sebagainya sudah digandeng. Namun, itu semua masih terasa kurang tanpa partisipasi masyarakat.

“Yang bisa membuat aman nyaman itu ya masyarakat Purwakarta sendiri. Kalau masyarakat Purwakarta punya komitmen untuk membuat lingkungan di Purwakarta aman dan nyaman, insya Allah kita bisa aman,” ucapnya.

Baca Juga:  Di Kota Bandung, Mabes Rakyat Gus Muhaimin For Presiden 2024 Diresmikan

Untuk menciptakan hal tersebut, lanjut dia, ada beberapa langkah, yakni langah preventif, preemtif dan represif.

“Masyarakat diharapkan bisa membantu dalam kegiatan preemtif dan preventif, nah untuk represifnya biar kami aparat penegak hukum,”ucapnya

Dengan begitu, lanjut Matrius, kondusifitas lingkungan sekitar bisa terjaga dengan baik dan terhindar dari hal negatif atau merugikan.

“Semoga para jemaat yang akan melakukan ibadah dapat berjalan dengan khidmat aman dan kondusif,” pungkasnya. (Gin)