Belasan Kerajaan di Nusantara Pamerkan Tenun Songket Usia Ratusan Tahun

JABARNEWS | JAKARTA – Forum Silaturahmi Keraton se-Nusantara (FSKN) memamerkan kain tenun dan songket warisan leluhur yang telah berusia ratusan tahun dalam Pameran Tenun dan Songket Pusaka.

Pameran yang diikuti oleh 17 kerajaan FSKN tersebut memamerkan sebanyak 102 tenun dan songket yang telah berusia ratusan tahun dan masih terawat dengan baik.

Koordinator Pameran Tenun dan Songket Pusaka KRAy Intan Dewi Rumbinang, mengatakan pihaknya menginisiasi acara Pameran Tenun dan Songket Pusaka Kerajaan Nusantara diselengarakan di Balai Sarbini, Jakarta (21/12).

Baca Juga:  Wakili Presiden, Wiranto Hadiri Milad Syarikat Islam Di Purwakarta

“Seperti kain dari Kesultanan Bima dan Kedatuan Pattoko Soppeng, Sulawesi Selatan, ada yang sudah berusia sampai 200 tahun,” ujar Dewi Rabu,(25/12/2019)

“Kegiatan langka ini sengaja digelar dalam rangkaian acara Grand Final ajang Pemilihan Putra Putri Tenun Indonesia (PPTSI) 2019 yang berlangsung malam harinya di tempat sama,” katanya.

Baca Juga:  Dede Yusuf Minta Dua Pemda di Bandung Ini Tegakkan Aturan Jalan Bagi Kendaraan Berat

Ia berharap melalui pameran tersebut masyarakat, terutama generasi muda semakin teredukasi dengan baik terkait kain tenun dan songket sebagai warisan budaya leluhur bangsa ini.

Lewat pameran ini baru disadari bahwa kain tenun dari Kesultanan Bima, ternyata memuat aksara kuno dan sekarang masih dalam penelitian untuk diterjemahkan artinya,” ungkap KRAy Intan.

Baca Juga:  Kurun Waktu Enam Bulan, Polres Indramayu Ungkap 53 Kasus Narkoba, 60 Orang Jadi Tersangka

Dalam kesempatan yang sama Ketua Umum FSKN GPRA Arief Natadingrat SE Sultan Sepuh ke IV Keraton Kasepuhan Cirebon mengimbau seluruh elemen masyarakat di Tanah Air untuk terus menjaga dan melestarikan warisan budaya bangsa.

“Ini agar generasi penerus bisa mengakses informasi tentang nilai-nilai adiluhung budaya Nusantara,” kata GPRA Arief. (Ara)