Gerak Cepat BPBD Cirebon Tangani Teror Hama Ulat Bulu

JABARNEWS | CIREBON – Belum selesai dengan ramainya teror ular kobra dibeberapa daerah, kini warga Cirebon dihebohkan dengan teror ulat bulu yang menyerbu pemukiman warga setelah sebelumnya menyerang satu sekolah di SLBN Sindanglaut.

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) berkoordinasi dengan Dinas Pertanian (Distan) bertindak cepat terkait teror ulat bulu yang menyerang warga Kecamatan Lemahabang, Kabupaten Cirebon, Jawa Barat.

“Fenomena ini seperti di tawon vespa, ular kobra dan lainnya. Kami sudah menjalankan fungsi sesuai undang-undang, koordinasi, komando dan pelaksana. Kemarin kami kordinasi dengan Distan, dan Distan menyanggupi untuk penanganannya,” kata Kepala BPBD Kabupaten Cirebon Dadang Suhendra. Rabu (25/12/2019).

Baca Juga:  Lima Cara Merawat Dan Membersihkan Karat Pada Mobil

Dadang mengatakan dalam waktu dekat tim dari Distan bakal turun langsung menggunakan alat semprot untuk mengusir ribuan ulat bulu di Desa Sindanglaut, Kecamatan Lemahabang, Kabupaten Cirebon.

Baca Juga:  Bank bjb Dukung Launching Laboratorium Inovasi Pemda Tangerang

“Kami punya keterbatasan alat, fungsi kami adalah koordinasi. Distan nanti turun bawa alat semprot, karena ini juga berkaitan dengan hama,” katanya.

Dadang menyebut dari laporan yang diterima BPBD sedikitnya ada dua kecamatan yang diserang ribuan ulat bulu, yakni di Kecamatan Lemahabang dan Arjawinangun. Ia berharap serangan ulat bulu ini tidak menyebar ke wilayah lain.

“Ya ada dua kecamatan. Nanti akan ditangani Distan, ini belum masuk kejadian luar biasa. Mudah-mudahan tidak menyebar,” katanya.

Baca Juga:  Donggala Sulteng Diguncang Gempa 7,7 SR, Tak Berpotensi Tsunami

Seperti diberitakan sebelumnya, aktivitas warga Desa Sindanglaut, Kecamatan Lemahabang, Kabupaten Cirebon terganggu lantaran diteror ulat bulu. Ulat berwarna hitam itu berasal dari perkebunan jati yang berada di sekitar pemukiman.

Saat ini Warga hanya menggunakan alat seadanya, seperti sapu, detergen, pestisida dan lainnya untuk mengusir ulat bulu. (Red)