Kini Penumpang KA Bisa Nikmati Pelayanan Kesehatan Gratis

JABARNEWS | CIREBON – PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daop 3 Cirebon, Jawa Barat kembali memberikan pelayanan kesehatan pada masa angkutan libur Natal dan Tahun Baru bagi para pengguna jasa yang sedang menunggu keberangkatan di stasiun.

Manajer Humas KAI Daop 3 Cirebon Luqman Arif mengatakan jenis pelayanan kesehatan yang diberikan untuk pengguna jasa, diantaranya meliputi pemeriksaan tekanan darah, asam urat, kadar gula darah dan pemeriksaan berat.

“Kita memberikan pelayanan kesehatan gratis untuk para penumpang yang sedang menunggu kedatangan kereta api di Stasiun Cirebon,” kata Luqman di Cirebon, Rabu (25/12/2019).

Baca Juga:  Di Wilayah Jabar Ini Angka Penularan Covid-19 Merosot Tajam

Luqman mengatakan pelayanan kesehatan itu upaya untuk memberikan kenyamanan serta keselamatan kepada pengguna jasa terutama selama Natal dan Tahun Baru.

“Program pemeriksaan kesehatan gratis ini akan di laksanakan secara reguler selama masa Natal dan Tahun Baru baik di Stasiun Cirebon maupun Cirebon Prujakan,” ujarnya.

Selain itu kata Luqman, untuk menjamin kondisi kesehatan para pengguna jasa baik yang ada di lingkungan stasiun maupun saat dalam perjalanan di atas KA, PT KAI menyiagakan petugas kesehatan di beberapa titik pos kesehatan (Poskes) yang ada di Stasiun.

Baca Juga:  Prakiraan Cuaca Jawa Barat 4 Agustus 2018

Dan apabila ditemui penumpang dalam kondisi sakit saat di perjalanan, petugas kesehatan KAI akan memantau selama dalam perjalanan dengan sistem estafet dari stasiun ke stasiun yang terdapat pelayanan kesehatannya.

“Selama masa angkutan Natal dan Tahun Baru, Daop 3 Cirebon menyiagakan empat pos kesehatan yang tersebar di Stasiun Jatibarang, Cirebon, Cirebon Prujakan dan Brebes,” katanya.

Baca Juga:  Pilkades Seluruh Jawa Barat Bakal Ditunda, Ini Alasannya

PTKAI Daop 3 Cirebon juga memiliki tiga Klinik Mediska di Jatibarang, Cirebon dan Brebes yang juga bekerja sama dengan fasilitas kesehatan milik pemerintah maupun swasta di sepanjang jalur KA.

Klinik Mediska menyediakan berbagai fasilitas pelayanan kesehatan diantaranya Poli Umum, Poli Gigi, Laboratorium, Ruang Gawat Darurat, Apotek, dan Ruang Tunggu. Pelayanan kesehatan yang diberikan kepada pasien, ditangani langsung oleh 7 tenaga medis KAI profesional dan sudah memiliki STR (Surat Tanda Registrasi) dari Dinas Kesehatan. (Ara)