Mengenal Gunung Sunda, Sejarah Letusannya Sisakan Tangkuban Parahu

JABARNEWS | BANDUNG – Kenampakan alam yang dimiliki oleh Indonesia tidak hanya sebatas keindahan lautnya saja, namun juga gunungnya. Gunung yang terdapat di Indonesia jumlahnya cukup banyak.

Salah satu gunung yang menarik untuk dibahas kali ini yakni Gunung Sunda yang pernah meletus dalam skala besar di akhir zaman prasejarah.

Sehingga sisa dari Gunung Sunda Purba itu yang bisa kita lihat saat ini berupa Gunung Tangkuban Parahu, Gunung Bukit Tunggal, dan Gunung Burangrang.

Baca Juga:  Bangun Pasar Ciasem, Segini Anggaran yang Disiapkan Pemkab Subang

Sesuai dengan namanya, gunung ini berada di wilayah Bandung, Provinsi Jawa Barat, pada saat itu gunung Sunda Purba merupakan gunung berapi tertinggi di Jawa.

Jika Gunung Sunda Purba yang dahulu dikenal dengan nama Gunung Chuda (dalam bahasa sansekerta memiliki arti putih), adalah gunung yang di bagian puncaknya selalu ditutupi oleh es atau salju.

Baca Juga:  Perubahan Bangunan Balai Kota Ditinjau Ulang

Diperkirakan juga jika Gunung Sunda memiliki dasar dengan luas mencapai lebih dari 20 km dan tinggi gunung mencapai sekitar 4.000 meter di atas permukaan laut (Mdpl).

Informasi mengenai asal usul Gunung Sundah cukup terbatas dan hanya berdasarkan pada catatan serta saksi orang tua.

Baca Juga:  Resmi Jadi Tersangka Staf Perpustakaan SMPN 6 Kota Bekasi Terancam 15 Tahun Kurungan

Bahkan beberapa pengembara yang berasal dari India dapat melihat Gunung Chuda dari kejauhan (diperkirakan dilihat dari Sumatera).

Tentunya hal tersebut membuat rasa ingin tahu para pengembara hingga sampailah mereka di Gunung Chuda. Namun, lambat laun penduduk lokal kesulitan dalam pengucapan kata Chuda hingga akhirnya berubah menjadi Sunda. (Red)