Evaluasi Progam Inovasi Desa di Purwakarta

JABARNEWS | PURWAKARTA – Rapat koordinasi dan evaluasi Program Inovasi Desa tahun 2019 digelar Tim Inovasi Kabupaten (TIK) di Hotel Intan Purwakarta, Jumat (27/12/2019).

Rakor dan evaluasi TIK dibuka langsung oleh Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Purwakarta, Pandadinata. Untuk peserta kegiatan yaitu Tim Pelaksana Inovasi Desa (TPID) kecamatan, Kasi Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) kecamatan dan Pendamping Desa.

Baca Juga:  Kota Cimahi Zona Merah, DPRD Jabar Minta Pelaksanaan PPDB Sesuai Aturan Prokes

Kepala Bidang Pengembangan Ekonomi Desa (PED) DPMD Purwakarta, Asep Suparman mengatakan rakor digelar dalam upaya penguatan pemanfaatan dana desa.

“Rakor hari ini mengevaluasi program inovasi desa selama setahun. Menyamakan persepsi dinas terkait dalam TIK pengawalan dana desa agar efektif dan efisien sesuai regulasi,” tuturnya.

Baca Juga:  Keren... Kota Bandung Miliki Rute Aman Selamat Sekolah, Ini Fungsinya

Melalui Program Inovasi Desa diharapkan pemerintah desa dapat terus berinovasi dalam memanfaatkan dana desa. Hasil yang diharapkan dari inovasi desa, terkumpulnya data tentang hasil komitmen ide yang dapat dimasukan dalam APBDes.

Sementara, Koordinator Tenaga Ahli Kabupaten Purwakarta, Arief Syarif Hidayatullah mengatakan jumlah desa yang melakukan komitmen program inovasi naik sebesar 40 persen atau sebanyak 489 kartu komitmen. Meski naik menurutnya jumlah program inovasi yang masuk dalam APBDes masih sedikit.

Baca Juga:  Polisi Ringkus Empat Tersangka Sindikat Pengoplos Elpiji Bersubsidi di Karawang

“Inovasi di bidang Infrastruktur sebanyak 194 kartu komitmen, PSDM 163, dan wirausaha 132 kartu komitmen. Yang masuk dalam replikasi atau RKPDes 59 dan masuk APBDes hanya 7 kegiatan inovasi,” pungkasnya. (Gin)