Potensi Karang Taruna Digelar Untuk Kelola Ekonomi Usaha Produktif

JABARNEWS | CIAMIS – Demi meningkatkan kegiatan ekonomi yang kreatif dan produktif, para pemuda-pemudi Karang Taruna Kecamatan Ciamis memamerkan berbagai macam produk bernilai ekonomis cukup menguntungkan dalam kegiatan Gelar Potensi Karang Taruna Kecamatan Ciamis.

Ketua Panitia Gelar Potensi Karang Taruna Kecamatan Ciamis, Utis Kustiaman mengatakan sejumlah produk inovasi aneka jajanan minuman maupun makanan hasil olahan produk lokal buatan pemuda-pemudi Karang Taruna tersebut dipamerkan di masing-masing stand Karang Taruna Kelurahan Kecamatan Ciamis.

“Keterampilan untuk menghasilkan produk tersebut untuk menggali potensi unggulan Karang Taruna dari Kelurahan/Desa se-Kecamatan Ciamis dan meningkatkan inovasi serta kreasi untuk menuju kemandirian,” ujarnya, Jumat (27/12/19).

Utis mengaku bahwa stand Karang Taruna Kelurahan/Desa Kecamatan Ciamis tersebut berjumlah 10 stand, sedangkan untuk stand kompensional sebanyak 15 dan stand ekonomi sebanyak 50 stand. Agenda gelar potensi tersebut diselenggarakan dari 27 Desember hingga 11 Januari 2020.

Baca Juga:  Dukung Pemerintah Bangun Ketahanan Pangan, bank bjb Bina Petani Dengan Pola Kemitraan

“Mudah-mudahan gelar potensi Kecamatam Ciamis ini menjadi agenda rutin Karang Taruna Kecamatan Ciamis,” katanya.

Sementara itu, Ketua Karang Taruna Kabupaten Ciamis, Atep Hasanudin mengatakan bahwa sesuai Permensos 77 Tahun 2010, Karang Taruna merupakan wadah pengembangan kreatifitas bagi generasi muda, maka sebab itu segala potensi ada di Karang Taruna,” katanya.

“Oleh sebab itu, diharapkan kedepan khususnya bagi Karang Taruna Kecamatan Ciamis ini menjadi pioner dan selalu konsisten tiap tahun digelar.

Atep mengaku, setelah melaksanakan kaderisasi di Kabupaten Ciamis, di Kecamatan Cihaurbeti pun hari ini sedang melaksanakan gelar potensi dengan melibatkan Desa-Desa dan kemitraan yang ada di wilayah Kecamatan Cihaurbeti, sebelumnya juga pernah dilakukan oleh Karang Taruna Kecamatan Panawangan.

Baca Juga:  Seorang Bandar Bawa 325.000 Pil Terlarang Diamankan Polres Cirebon

“Karang Taruna memang benar-benar sebagai wada kreatifitas dan silaturahmi serta membantu visi misi Pemerintah Kabupaten Ciamis, khususnya dapat menjadi motivasi untuk menumbuhkan jiwa kewirausahaan, sehingga pengangguran atau urbanisasi dapat teratasi melalui pemberdayaan Karang Taruna.

Atep berharap, kegiatan gelar potensi Karang Taruna ini tidak hanya terputus pada momen tertentu saja, semua mungkin ada kekurangan dan kelebihannya, maka sebab itu harus menjadi evaluasi yang lebih baik lagi.

“Mudah-mudahan dengan adanya gelar potensi Karang Taruna ini bisa menjadi wahana kerjasama, kemitraan antar Karang Taruna dan menjadi Karang Taruna yang mandiri dalam mencegah, menangkal, menanggulangi dan mengantisipasi berbagai permasalahan sosial.

Menurut Atep, Karang Taruna dari tingkat Kecamatan, Desa hingga ke tingkat RT dan RW harus tetap eksis dan berpartisipasi aktif membangun daerah dan bersinergi dengan pemerintah daerah untuk mengsukseskan program kesejahteraan masyarakat.

Baca Juga:  Wah! 10 Hertare Lahan Kebon Jati di Cipatujah Terbakar

Sementara itu, Camat Ciamis, H. Dede Hermawan mengapresiasi dengan adanya gelar potensi Karang Taruna Kecamatan Ciamis. Karena menurutnya kegiatan ini harus terus didukung dan perlu diagendakan di tahun-tahun yang akan datang.

“Kegiatan gelar potensi Karang Taruna tersebut sudah sesuai surat edaran Bupati Ciamis bahwa dalam rangka menyambut pergantian tahun baru 2020, Bupati Ciamis mengimbau supaya masyarakat mengisi kegiatan dengan doa bersama dan kegiatan-kegiatan positif lainnya,” ujarnya.

Menurut Dede, ini salah satu wujud nyata bahwa kita harus mengisi kegiatan baru dengan kegiatan-kegiatan yang positif.

“Alhamdulilah, kegiatan yang positif ini saya rasa perlu di dukung dan di agendakan setiap tahun,” tandasnya. (CR1)