Usai Santap Ternak, Ular Sanca di Ciamis Akhirnya Ditangkap

JABARNEWS | CIAMIS – Seekor ular sanca kembang atau sanca batik yang sering dikenal ular piton berkeliaran di Dusun Cihideung, RT 23/RW 09, Desa Utama, Kecamatan Cijeungjing, Kabupaten Ciamis. Sejenis ular dari suku Pythonidae berukuran 3 meter itu kemudian berhasil ditangkap warga sekitar.

Menurut Maman warga sekitar mengatakan ular itu pertama diketahui oleh pemilik ternak marmut di kandang sapi saat hendak memberikan pakan ternak hewan marmut yang terletak di blok Gunung Kembang Dusun Cihideung.

Baca Juga:  Sempat Dinyatakan Hilang, Nelayan di Jatiluhur Terjebak Eceng Gondok Semalaman

“Ular sanca kembang tersebut diketahui sudah memakan 10 ekor marmut milik warga, karena menurutnya, pada saat ular sanca tersebut ditangkap, ular tersebut tidak dapat bergerak, karena sudah kekenyangan memakan marmut,” ujarnya. Sabtu (28/12/2019).

Baca Juga:  Kawanan Monyet dan Pergerakan Tanah di Saguling Ciamis: Pertanda Alam?

Maman menerangkan, untuk menangkap ular sanca besar tersebut, warga meminta bantuan dari Bah Elon dan Aki Adul, karena menurutnya kedua orang tersebut sudah sudah biasa menangkap ular.

Baca Juga:  Pangdam III/ Siliwangi: Penanganan Sungai Citarum Tanggung Jawab Bersama

Sementara menurut Bah Elon, ular sanca kembang tersebut memiliki panjang sekitar 3 meter, kemungkinan ular sanca besar tersebut turun dari hutan untuk mencari makanan.

“Saat ini ular telah diamankan oleh warga, supaya ular sanca kembang tersebut tidak memangsa hewan ternak warga,” pungkasnya. (CR1)