Persib Putri Raih Gelar Juara Liga 1 di Edisi Perdana

JABARNEWS | BANDUNG – Bandung tampil sebagai kampiun Liga 1 Putri 2019 edisi pertama. Gelar ini diraih Persib Putri setelah menang 3-1 atas Tira Persikabo Putri dalam laga final leg kedua final di Stadion Pakansari Bogor, Sabtu 28 Desember 2019.

Tiga gol kemenangan Persib Putri dicetak oleh Nurul Inayah (14′), Febriana Kusumaningrum (33′), dan Reva Oktaviani (64′). Dengan hasil ini, Persib Putri berhak menyandang gelar juara dengan agregat gol 6-1. Di leg pertama, Persib Putri menang 3-0.

Dalam final kedua di Bogor, pertandingan baru berjalan kurang dari sepuluh menit, Tira Persikabo sudah menebar beberapa ancaman. Setidaknya ada tiga peluang berbahaya yang nyaris menjadi gol.

Baca Juga:  Persib Siap Tundukan PSS Sleman di Babak 8 Besar Piala Presiden 2022

Persib Putri yang bermain di bawah tekanan justru mampu mencetak gol lebih dulu. Nurul Inayah yang membawa Persib memimpin 1-0 pada menit ke-14.

Berawal dari proses serangan balik, tendangan terukur pemain yang akrab disapa Uyung ini mampu mengelabui kiper Tira Persikabo, Thasza Amelia.

Selepas gol pertama, Persib Putri makin trengginas. Satu gol kembali diciptakan skuat Putri Biru lewat eksekusi penalti Febriana Kusumaningrum pada menit ke-33.

Tira Persikabo memperkecil ketinggalan menjadi 1-2 melalui gol tendangan Risda Yulianti pada menit ke-39. Paruh pertama ditutup dengan keunggulan Persib Putri 2-1 atas Tira Persikabo.

Di babak kedua, permainan mulai berimbang. Persib Putri dan Tira Persikabo sama-sama menampilkan permainan lebih terbuka.

Baca Juga:  Robert Janjikan Kado Spesial Untuk ulang Tahun Persib ke 89

Tira Persikabo membuka peluang terlebih dahulu melalui tendangan bebas Risda Yulianti. Namun, kali ini sepakan dari sekitar 20 meter itu masih mampu diamankan dengan baik oleh kiper Persib Putri, Della Alvyana.

Persib Putri balas menekan. Risqi Yanti nyaris menambah keunggulan andai sundulannya pada menit ke-38 tidak menyamping di sisi kiri gawang Tira Persikabo.

Serangan bergelombang Persib Putri membuahkan hasil. Reva mampu menjauhkan skor menjadi 3-1 pada menit ke-64. Tendangan keras Reva dari dalam kotak penalti tak mampu dibendung oleh kiper Tira Persikabo.

Unggul 3-1 membuat Persib Putri semakin nyaman memainkan bola. Permainan sentuhan dari kaki ke kaki diperagakan skuat asuhan Iwan Bastian. Perubahan skema lalu dilakukan oleh Ibas di menit-menit terakhir. Pemain bertipikal bertahan, Desy Amelia dimasukan mengganti Mila Nur Karmila di menit ke-80.

Baca Juga:  Pulang Dari Vietnam Tiga Pemain Persib Ini Kembali Dipanggil Timnas

Tira Persikabo terus melakukan percobaan. Namun, ketangguhan barisan pertahanan Persib Putri membuat skor 3-1 tetap bertahan hingga wasit meniup peluit panjang tanda pertandingan berakhir. Persib Putri pun meraih gelar Juara Liga 1 Putri 2019.

Pada semifinal, Persib mengandaskan Arema Putri dengan agregat 2-0 (0-0 leg kedua) dan kemudian menang mudah atas Tira Persikabo 6-1 (3-0) dalam partai final.

Gelandang serang Persib Bandung putri Reva Oktaviani dipilih sebagai pemain terbaik Liga 1 Putri 2019. (Red)