Orari Dukung Kelancaran Komunikasi Saat Nataru

JABARNEWS | PURWAKARTA – Selama arus mudik Natal 2019 dan Tahun Baru 2020, Organisasi Amatir Radio Indonesia (ORARI) Daerah Jawa Barat Lokal Purwakarta ikut ambil bagian dan mendukung jajaran Polres setempat memperlancar komunikasi dan memperkecil kemungkinan terjadi keterlambatan komunikasi akibat kemacetan, kecelakaan lalu lintas atau bencana alam.

Baca Juga:  Diduga Frustasi, Seorang ODP Virus Corona Nekat Gantung Diri

Diketahui, Organisasi tersebut selama ini memegang peranan cukup strategis dalam penyediaan komunikasi dan informasi secara cepat manakala suatu kondisi darurat berlangsung.

“ORARI yang berfungsi sebagai cadangan komunikasi nasional melaksanakan pamantauan secara mobile ke beberapa titik rawan kemacetan juga pemantauan tempat-tempat ibadah. Kami memasang mobile station di Posko Pasar Jumat dan bersinergi dengan Operasi Lilin Lodaya,” ujar Ketua ORARI Lokal Purwakarta, Rudi-YC1EQP, Sabtu (28/12/2019).

Baca Juga:  PPDB Kota Bandung Digelar Online, Begini Mekanismenya

Ditambahkannya, bagi masyarakat atau pengendara yang membutuhkan informasi dan ingin memanfaatkan fasilitas ORARI dapat menggunakan Frekuensi 146.880 Mhz (Duplex-600).

“Meskipun seluruh penyelenggaraan telekomunikasi dan penyiaran sudah cukup canggih. Namun untuk mendukung lancarnya komunikasi selama arus mudik Nataru kami siap berkontribusi,” jelasnya.

Baca Juga:  Kini, Semua Data Kependudukan Bandung Bisa Diakses Semua OPD

Pihaknya akan berupaya dapat menyampaikan informasi terkini tentang arus mudik Nataru.

“Semaksimal mungkin kita akan memberikan petunjuk dan informasi yang diperlukan oleh masyarakat untuk menghindari daerah tertentu yang mengalami kemacetan atau menginformasikan terjadinya kecelakaan,” pungkasnya. (Gin)