10 Bupati Wali Kota Terpilih Sebagai Penerima Anugrah Kebudayaan PWI Pusat

JAKARTA | JABARNEWS.COM –  Sebanyak 10 bupati dan wali kota di Indonesia terpilih sebagai penerima Anugrah Kebudayaan Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Pusat, dalam rangka pelaksanaan Hari Pers Nasional (HPN) 2020 yang akan digelar diBanjarmasin, Kalimantan Selatan pada Februari 2020 mendatang.

Pemilihan Ke-10 bupati dan wali kota dilakukan setelah melalui seleksi oleh dewan juri terhadap 19 orang bupati dan 11 orang wali kota dari 10 provinsi di seluruh Indonesia.

Penilaian terhadap bupati dan wali kota yang terpilih berdasarkan penilian proposal yang dikirimkan masing-masing peserta (bupati & wali kota) ke dewan juri.

Yusuf Susilo Hartono, anggota Dewan Juri dari PWI Pusat  mengatakan, acara ini digelar PWI Pusat bekerja sama dengan Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia (APKASI) dan Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (APEKSI).

Baca Juga:  Diumumkan, Ini Daftar Lengkap Besaran UMK 2020 Jawa Barat

”Penilaian menitikberatkan pada aspek bentuk dan isi Proposal. Meliputi tata visual dan  tata bahasa. Juga teknik penyajian, terdiri dari pilihan judul/program, profil daerah dan bupati/wali kota, pemanfaatan media massa/sosial, landasan peraturan daerah, kebijakan program dan strategi inovasi. Serta aspek pendukung berupa SDM, anggaran, hingga infra struktur,” ujarnya dalam rilis yang diterima redaksi Jabarnews.com, Minggu (29/12/2019).

10 bupati / wali kota tersebut terpilih  mewakili 3 kategori, yaitu daerah / kota yang ada di dalam/dekat wilayah ibu kota Negara RI, daerah / kotayang berada/dekat ibu kota provinsi, dan daerah / kota yang jauh dari ibu kota provinsi.

Baca Juga:  Ganjil Genap Masih Berlaku di Kota Bandung, 650 Kendaraan Diputar Balik

Dikatakan, mereka akan diundang ke Jakarta, tanggal 8-9 Januari 2020. Untuk presentasi di depan dewan juri dan tanya jawab pendalaman terkait proposal. Sebagai babak akhir, sebelum menerima penghargaan ini, pada acara puncak HPN 2020 di Banjarmasin, Februari 2020.

Ke-10 bupati / wali kota tersebut adalah  Wali Kota Tangerang Selatan (Banten) Airin Rachmi Diany, Wali Kota Kota Banjarmasin (Kalsel) Ibnu Sina, Wali Kota Ambon (Maluku) Richard Louhenapessy, Bupati Tubaba (Lampung)Umar Ahmad, Bupati Halmahera Barat (Maluku Utara) Danny Missy, Bupati Serdang Bedagai (Sumatera Utara) Soekirman, Bupati Luwu Utara (Sulawesi Selatan) Indah Putri Indriani, Bupati Gunung Kidul (DI Yogyakarta) Badingah, Bupati Tabalong (Kalsel) Anang Syakhfiani, dan Walikota Kota Baubau (SulawesiTenggara) AS Tamrin

Baca Juga:  Dirjen Pemdes Pantau Pelaksanaan Pilkades Serentak Purwakarta, Ini Pesannya

Dewan Juri terdiri dari Nungki Kusumastuti, yang kita kenal sebagai Penari, ArtisFilm, Dosen Institut Kesenian Jakarta, selaku Ketua merangkap anggota, Ninok Leksono (Kompas/Rektor Universitas Multimedia Nusantara), Agus Dermawan T (Pengamat Seni-Budaya, Penulis Buku), Atal S.Depari (Ketua Umum PWI Pusat) dan Yusuf Susilo Hartono (Pelukis, Wartawan Senior, Pengurus PWI Pusat), sebagai anggota.(robby)