Tips Sehat Agar Punggung Tak Sakit Selama Perjalanan Liburan

JABARNEWS | BANDUNG – Menjelang tahun baru, sebagian orang mungkin akan menghabiskan waktunya untuk berkunjung ke beberapa tempat yang jauh dari kota asal. Untuk liburan ada yang memilih menggunakan kendaraan pribadi ataupun kendaraan umum bersama teman dan keluarga.

Meskipun begitu, dengan jarak tempuh dan waktu yang sangat lama pasti sering membuat tubuhmu pegal terutama pada bagian punggung. Penyebabnya bisa karena terlalu lama duduk, tidur dengan posisi yang tidak nyaman, dan terbatasnya ruang gerak.

Berikut ini ada tips-tips yang bisa kamu coba untuk bantu mengatasi sakit punggung, yang dikutip dari ABCnet.

1. Buat tempat duduk senyaman mungkin

Perjalanan yang jauh untuk sampai tempat tujuan liburan membuat kamu mau tidak mau harus duduk di dalam kendaraan dalam waktu yang cukup lama. Ahli fisioterapi dr Adrian Traeger mengatakan, buatlah tempat kamu berada senyaman mungkin.

Baca Juga:  Warga Ratawangi Ciamis Gerebek Pasangan Selingkuh, Istri Ngaku ke Suami Telah Poliandri dengan Sopir Pribadinya

“Kamu bisa bawa bantal atau handuk yang digulung untuk kamu tidur atau duduk, untuk mengurangi rasa sakit. Posisikan tubuh kamu senyaman mungkin,” katanya.

Kamu bisa tempatkan bantal di atas tempat kamu duduk atau di punggung sebagai sandaran. Hal ini berguna untuk membuat punggung bisa bersandar dengan nyaman.

2. Istirahatkan tubuh secara teratur



Dalam menempuh perjalanan jauh pasti akan memaksamu untuk diam pada satu posisi dengan waktu yang cukup lama. Dengan ruang gerak yang terbatas, usahakan untuk menggerakkan tubuh secara teratur, agar tidak kaku.

Baca Juga:  Manajemen Inul Vizta Purwakarta Santuni Puluhan Anak Yatim

Kamu bisa meminta untuk beristirahat di bahu jalan atau tempat lainnya. Kamu bisa bangun dari tempat duduk dan berjalan sedikit untuk menggerakkan kaki.

“Selain itu, lakukan beberapa gerakan seperti membungkukan badan ke arah depan dan belakang atau gerakan pemanasan lainnya, untuk membantu tubuh bergerak,” dr Traeger.

3. Buat gerakan lembut

Sakit atau nyeri di punggung bisa pulih dengan sendirinya. Tapi hal ini juga dipengaruhi dari gerakan punggung yang kamu lakukan selama perjalanan.

Jika kamu tidak bisa menepi untuk beristirahat dan berjalan kecil, kamu bisa atasi sakit punggung dengan menggerakkannya secara perlahan. Gerakan ke depan, ke belakang, kanan dan kiri saat kamu menyetir atau duduk di kursi penumpang.

Baca Juga:  Ada Pejabat Kemensos Yang Kena OTT, Ini Kata Ketua KPK

4. Kompres dengan air hangat

Jika kamu memang memiliki keluhan sakit di punggung, biasanya dokter akan menyarankan untuk mengkonsumsi parasetamol sebagai penghilang rasa sakit. Tapi di sebuah penelitian besar, hal itu sama sekali tidak membantu meredakannya.

Untuk menghindari obat-obatan, dr Traeger menyarankan untuk mencoba terapi panas. Kamu bisa mengompresnya menggunakan botol yang diisi air hangat dan handuk hangat. Ini bisa membantu untuk mengendurkan otot-otot yang tegang dan mengatasi nyeri hingga sakit di punggung.

Tips liburan lainnya, obat-obatan juga perlu untuk mengatasi gejala mabuk perjalanan, seperti mual, pusing, ataupun penyakit yang sedang diidapnya. Terutama yang bepergian dengan bus yang sering ugal-ugalan di jalan dan membuat mual. (Red)