DPKPB Purwakarta Antisipasi Bencana di Tempat Wisata

JABARNEWS | PURWAKARTA – Dinas Pemadam Kebakaran dan Penanggulangan Bencana (DPKPB) Purwakarta melakukan antisipasi potensi bencana di sejumlah tempat wisata yang ramai dikunjungi wisatawan saat liburan Tahun Baru.

Kepala DPKPB Kabupaten Purwakarta, Wahyu Wibisono mengatakan pihaknya berkoordinasi dengan OPD bidang pariwisata untuk memudahkan antisipasi destinasi wisata yang rawan bencana.

“Biasanya di libur panjang ini tingkat kunjungan wisatawan meningkat di tempat-tempat wisata,” kata pria yang akrab disapa Wibi, saat ditemui di sela-sela kegiatan, Senin (30/12/2019)

Baca Juga:  Komisi B Dukung Perluasan Ruang Berkreasi Kelompok Pengamen Jalanan

Diketahui, Kabupaten Purwakarta menjadi salah satu wilayah yang tak luput dari kerawanan bencana longsor saat musim hujan. Semua tempat wisata di Purwakarta, lanjutnya memiliki potensi bencana, sehingga sangat penting koordinasi bersama pengelola tempat wisata guna meminimalisasi terjadinya bencana.

Baca Juga:  ACT dan MRI Tasikmalaya Berkolaborasi Salurkan Air Bersih

“Kami melihat di setiap objek wisata ada saja faktor kerentanan bencananya. Kami sarankan ke pengelola objek wisata untuk buat standar operasional prosedur (SOP), manajemen resiko bencana, serta bentuk tim safety guna antisipasinya jatuhnya korban,” ungkapnya

Tak hanya kepada pengelola objek wisata, Wibi meminta kepada warga masyarakat untuk selalu berhati-hati saat liburan natal dan tahun baru yang memasuki musim penghujan ini.

Baca Juga:  Dramatis! Evakuasi Tujuh Orang Warga Terjebak Lahar Dingin Gunung Semeru

“Sejauh ini, di wilayah Purwakarta sejumlah objek wisata jadi tujuan warga masyarakat, seperti objek wisata di Wanayasa, objek wisata air terjun atau curug, hingga wisata Gunung Parang,” ucapnya. (Gin)