Inilah Kata Dedi Mulyadi Penyebab Munculnya Radikalisme dan Intoleransi

JABAR NEWS | PURWAKARTA – Bupati Purwakarta Dedi Mulyadi mengungkapkan penyebab munculnya paham radikalisme dan intoleransi yang hari ini menjamur melalui berbagai media terutama media sosial. Melalui instrumen tersebut paham itu tumbuh dan berkembang di tengah kehidupan masyarakat luas.

Hal ini dia sampaikan di tengah Forum Koordinasi dan Sinkronisasi Kewaspadaan Nasional yang digelar pada, Kamis (14/09/2017) di Bale Maya Datar, Kompleks Sekretariat Daerah Purwakarta.

Dedi mengungkapkan, kondisi ini terjadi karena sikap kurang waspada yang ditunjukan oleh sebagian warga bangsa Indonesia. Akibatnya, hari ini seluruh warga bangsa kesulitan untuk meng-counter berbagai paham yang merusak tatanan kehidupan kebangsaan tersebut.

“Ini karena kita kurang waspada sehingga paham radikalisme dan intoleransi yang bermunculan itu sulit kita counter. Kita harus bersatu untuk meng-counter itu semua agar bangsa ini tidak terjebak ke dalam konflik dan sengketa paham,” jelas Dedi.

Baca Juga:  Warga Kabupaten Bandung Dihantui Wabah DBD, Ini Datanya

Selain sikap kurang waspada, kurangnya kesadaran terhadap pentingnya kebudayaan bangsa sendiri disebut oleh Bupati Purwakarta dua periode tersebut sebagai penyebab utama. Masyarakat Indonesia yang terkenal ‘guyub’ kini lebih bersikap individualis.

“Kita jujur sajalah, kemunculan paham tersebut bukan hanya datang dari luar, tetapi bibitnya karena sikap individualitis yang kita miliki. Akibatnya, saat menerima informasi, kita tidak ber-tabayyun dulu, langsung saja kita konsumsi informasi yang beredar itu,” tambahnya.

Baca Juga:  Pemkab Bogor Ajukan Lelang Jabatan untuk 10 Posisi Ini

Dedi mencontohkan kultur masyarakat pedesaan yang hari ini mulai tercerabut dari akarnya. Tokoh masyarakat di desa yang biasanya menjadi rujukan berbagai informasi yang beredar kini mulai ditinggalkan karena masyarakat desa sudah mulai beralih menggunakan media sosial.

“Paham-paham yang tidak sesuai dengan kultur, dulu masih bisa di filter oleh para tokoh di desa. Sosok mereka mampu menggerakan masyarakat untuk bergotong-royong dan berswadaya, kini itu sulit kita temukan,” tandasnya.

Dedi pun menyerukan penguatan kultur budaya ketimuran untuk menangkal perkembangan paham radikalisme dan intoleransi. Kultur ini menurutnya, harus bertransformasi menjadi perilaku dalam kehidupan warga masyarakat sehari-hari.

Baca Juga:  Anne Ratna Mustika Pastikan Ketersediaan dan Harga Sembako di Purwakarta Stabil Jelang Ramadhan

“Kalau tidak ingin paham ini tumbuh subur, maka jati diri kultur kita harus diperkuat. Jangan mengubah kebudayaan Indonesia, kita Indonesia dan seterusnya akan tetap menjadi Indonesia,” pungkasnya.

Dalam Forum ini pun turut digelar Deklarasi Anti Intoleransi dan Radikalisme oleh sejumlah masyarakat Purwakarta yang terdiri dari perwakilan organisasi masyarakat dan komunitas.

Usai deklarasi, Forum ini berkembang menjadi diskusi dengan menghadirkan narasumber, diantaranya, Guru Besar Fakultas Hukum Universitas Indonesia, Prof DR Jimly AshShiddiqie, Deputi VI Bidang Koordinasi Kesatuan Bangsa Kementerian Koordinator Politik, Hukum dan Keamanan, Ir Arief P Moekiyat,MT dan Bupati Purwakarta Dedi Mulyadi. (Red)

Jabar News | Berita Jawa Barat