Keren.. Enam Sekolah di Depok Raih Penghargaan Adiwiyata

JABARNEWS | DEPOK – Adiwiyata merupakan upaya membangun program atau wadah yang baik dan ideal untuk mendapat ilmu pengetahuan dan berbagai norma serta etika yang dapat menjadi dasar manusia menuju terciptanya kesejahteraan hidup untuk cita-cita pembangunan berkelanjutan.

Adiwiyata merupakan pendidikan lingkungan hidup. Adapun sekolah Adiwiyata adalah sekolah yang berwawasan lingkungan.

Sebanyak 6 sekolah di Kota Depok meraih penghargaan Adiwiyata Nasional 2019 dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK). Keenam sekolah dinilai sudah mewujudkan sekolah berwawasan lingkungan.

Baca Juga:  Operasi Zebra Lodaya 2022 di Purwakarta Kedepankan Sikap Humanis

Keenam sekolah yang meraih penghargaan tersebut yakni SDN Kemiri Muka 3, SDIT Darul Abidin, SMPN 9 Depok, SMPIT Darul Abisin, SMP Lazuardi Global Islamic School dan SMAN 8 Depok.

“Alhamdulillah, ada enam sekolah di Kota Depok yang mendapat penghargaan Adiwiyata Nasional 2019. Ini menunjukan bahwa sekolah sudah menjadi tempat pembelajaran untuk pengelolaan lingkungan,” ujar Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Kota Depok, Ety Suryahati, di Balai Kota, Senin (30/12/2019).

Baca Juga:  Berkunjung ke Purwakarta, KH Maruf Amin Tinjau Penanaman Jagung dan Kedelai

Menurut Ety, pihaknya memang sudah cukup lama bekerjasama dengan sekolah-sekolah yang juga dibantu Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Depok untuk menjadikan sekolah yang berwawasan lingkungan.

“Kami telah memberikan pendampingan dan mendorong sekolah di Kota Depok untuk mengelola sampah,” terangnya.

Dia menambahkan, sekolah harus juga mampu menciptakan suasana lingkungan yang sehat, bersih dan serasi.

“Masyarakat di sekolah harus sadar, bahwa lingkungan yang bersih dan pola hidup yang baik dimulai dari kebiasaan. Hal ini yang perlu kita tanamkan sejak dini karena kita butuh udara bersih, air yang jernih, dan tanah yang subur. Jadi sifatnya bukan paksaan lagi, melainkan kebutuhan,” pungkas Ety.

Baca Juga:  Berkunjung Ke Tempat Wisata Alam Curug Leuwi Lieuk Bogor

Diketahui, sebanyak 434 sekolah yang terdiri atas 376 sekolah negeri dan 58 sekolah swasta dari 164 kota/kabupaten di 32 propinsi, berhasil mendapatkan penghargaan Adiwiyata Nasional (333 sekolah) dan Adiwiyata Mandiri (101 sekolah). (Red)