Menteri LHK Usung Konsep Smart City untuk Ibu Kota Baru

JABARNEWS | BOGOR – Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK), Siti Nurbaya Bakar, mengatakan pembangunan ibu kota negara di Provinsi Kalimantan Timur akan dibangun dengan desain dan konsep sebagai “smart city” dan “forest city” (kota cerdas dan sekaligus perlindungan lingkungan).

Terkait dengan konsep pembangunan ibu kota negara yang menggabungkan konsep “smart city” dan “forest city” tersebut, menurut Siti Nurbaya, KLHK masih mendalami langkah-langkah kebijakan yang tepat untuk tujuan tersebut. Ibu kota negara yang baru akan dibangun di kawasan hutan produksi yang sebelumnya adalah hutan tanaman industri Itchi Hutani Manunggal.

Baca Juga:  Megawati Minta Presiden Jokowi Jangan Manjakan Generasi Milenial

“Kebijakan yang akan diputuskan, tentunya tetap dengan menjaga habitat, terutama orangutan dan bekantan, serta pemulihan lingkungan alam dan penanganan bekas tambang,” ujarnya.

Kementerian LHK, menyiapkan pembangunan kebun bibit persemaian modern di lahan seluas 120 hektare, pada tahun depan, dengan produksi bibit minimal 15 juta bibit pohon per tahun.

Baca Juga:  PSSI Evaluasi Kinerja Wasit!!!

“Untuk mewujudkan gagasan besar ini, Pemerintah melakukan persiapan secara komprehensif, terutama pada bagian tugas KLHK, yaitu pada aspek lingkungan,” katanya.

Siti Nurbaya menjelaskan, KLHK telah melakukan kajian lingkungan hidup strategis (KLHS) untuk menjadi dasar penyusunan masterplan ibu kota negara.

Dalam rencana tata ruang dan wilayah (RTRW), kata dia, nantinya akan memberi pengaruh pada kebijakan rencana dan program berdasarkan kondisi lapangan dan aturan perundangan yang ada.

Baca Juga:  Warga Keluhkan Jalan Dalem Kaum Kota Bandung, Begini Kata Oded M Danial

“KLHK juga akan terus melakukan rehabilitasi hutan dan lahan yang proses pengerjaannya dimasukkan dalam kerangka waktu yang sama,” tandasya.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo melakukan peninjauan ke lokasi ibu kota negara yang baru di sebagian Kabupaten Penajam Paser Utara dan sebagian Kabupaten Kutai Kertanegara, Kalimantan Timur, Selasa (17/12/2019), yang didampingi enam Menteri Kabinet, termasuk Menteri LHK Siti Nurbaya Bakar. (Ara)