Malam Tahun Baru, Purwakarta Dikepung Banjir

JABARNEWS | PURWAKARTA – Hujan deras yang melanda sebagian besar wilayah Kabupaten Purwakarta, Provinsi Jawa Barat, pada Selasa (31/12/2019) sejak pukul 15.30 WIB mengakibatkan banjir di sejumlah daerah. Bahkan, beberapa perkampungan warga terendam air hingga ketinggian 1,5 meter.

Salah satu yang terdampak banjir adalah Perum Pesona Jati Indah, Desa Cibungur, Kecamatan Bungursari, Kabupaten Purwakarta.

Menurut Tarikh Akbar (22), salah warga di Perumahan Pesona Jati Indah, awalnya air terlihat seperti biasa saja karena hujan yang deras mengguyur dari sekira pukul 16.20 WIB.

Namun, lanjut dia, sekira pukul 20.20 WIB, air tiba-tiba naik dalam waktu yang sangat cepat hingga memasuki rumah warga di Perumahan Pesona Jati Indah.

Baca Juga:  Mentan SYL Pastikan Stok Nasional Hewan Kurban Aman

“Warga Perum Pesona Jati Indah dikepung oleh luapan air yang menggenang pemukiman, air sudah meluap hampir 1.5 meter dan membuat warga memilih keluar dengan membawa barang-barang berharga,” ungkap pria yang tinggal Perum Pesona Jati Indah Blok C7 itu.

Dikatakannya, hingga saat ini (pukul 23.23 WIB) air belum juga surut, warga pun memilih meninggalkan rumah untuk berpindah ke tempat yang lebih tinggi.

“Seluruh warga disini besok akan melakukan seruan aksi di depan kantor pemasaran dan meminta janji yang di awal mengatakan Perumahan Pesona Jati Indah adalah salah satu perum yang akan terbebas dari banjir,” ucap Abay sapaan akrabnya.

Baca Juga:  BNPB: Tiga Sebab Terjadinya Longsor di Sukajaya Bogor

Selain itu, berdasarkan data yang diperoleh dari Dinas Pemadam Kebakaran dan Penanggulangan Bencana (DPKPB) Kabupaten Purwakarta ada beberapa titik yang mengalami banjir.

“Kami mendapatkan laporan kalau pintu air Curug Cibueuk Jalan Kolonel Rahmat, Kampung Tegaljunti, Kelurahan Tegalmunjul terjadi pengikisan tanah yang mengakibatkan pondasi tanggul irigasi jebol dan 2 rumah milik warga terendam, serta 1 rumah warga terbawa arus air. Jadi akses Jalan Babakan Peuteuy tertutup,” jelas Kepala DPKPB Purwakarta, Wahyu Wibisono, saat dihubungi melalui selulernya.

Dia menambahkan, banjir juga terjadi di RT 10-13/RW 04-05 Desa Hegarmanah, Kecamatan Babakancikao, yang berdampak menggenangi rumah warga, masjid dan jembatan.

“Tak hanya itu, banjir juga terjadi di perumahan Bumi Jaya Indah RT14/04 Kelurahan Munjuljaya. Kami  berhasil mengevakuasi pemilik rumah dan didapati tiga ekor ular kobra,” jelas Wibi.

Baca Juga:  Gus Menteri Resmikan Guest House Milik BUMDes Sumber Sejahtera

Ditambahkannya, di wilayah Jalan Lodaya kampung bojong RT 35/05, Kelurahan Nagri Kidul, Kecamatan/Kabupaten Purwakarta banjir pun terjadi dan menggenangi wilayah tersebut.

Tak hanya banjir, lanjut Wibi, telah terjadi juga longsor di wilayah Kampung Margasari RT 09/04 Desa Margasari, Kecamatan Pasawahan tanah tebing setinggi 7 meter longsor dan menimpa rumah milik bapak Sa’i.

“Alhamdulillah tidak ada korban jiwa dalam semua bencana yang terjadi di Purwakarta dan kami juga siagakan anggota jika tetjadi bencana susulan,” pungkasnya. (Gin)