Musim Hujan? Inilah Tips Mencuci Agar Baju Tidak Apek

JABARNEWS | BANDUNG – Masih di musim penghujan, meski telah mencuci pakaian hingga sangat bersih, sinar matahari yang kurang tidak jarang membuat baju jadi susah kering.

Baju yang kita kenakan juga mudah kotor dan akan lebih cepat menumpuk. Selain sangat menyebalkan, moment ini juga sering bikin kesal dan melelahkan.

Meskipu saat ini sedang berada di puncak musim penghujan, jangan takut agar pakaian tetap senantiasa terlihat bersih, wangi dan terawat. Begini trik mencuci dan merawat baju di musim penghujan, Simak!

Baca Juga:  Presiden Jokowi Sebut Bansos Pangan Bisa Bantu Kendalikan Harga Beras

Saat Mencuci Baju

Saat mencuci baju, pisahkan baju berdasar warna, jenis baju dan bahan kain. Jika mencuci dengan cara dikucek, kucek hingga benar-benar bersih. Bila perlu, sikat hingga semua kotoran terangkat. Tapi ingat, jangan terlalu keras saat mengucek dan menyikat baju agar bahan kain tidak mudah rusak.

Rendam Baju Dengan Pewangi Pakaian

Setelah dibilas hingga benar-benar bersih, rendam baju dengan pewangi pakaian. Rendam kurang lebih selama 15 sampai 20 menit. Untuk penggunaan pewangi, usahakan untuk menggunakan pewangi yang berkualitas dengan aroma yang lembut atau tidak terlalu menyengat.

Baca Juga:  Doni Monardo: Rata-rata Sudah di atas 92 Persen Penerapan Prokes di Pilkada

Saat Mengeringkan Baju

Setelah dibilas, peras baju hingga kandungan airnya benar-benar berkurang. Buat yang mencuci di mesin cuci, peras hingga benar-benar kering. Selanjutnya, jemur di tempat terbuka yang terdapat anginnya. Usahakan agar bagian atas jemuran tertutup kaca atau atap yang menerawang.

Menyetrika Baju

Usai dijemur dan baju kering, usahakan agar segera menyetrika baju. Saat menyetrika, pastikan bahwa panas setrika sesuai dengan bahan kain baju. Jangan menyetrika dengan suhu panas terlalu tinggi dan suhu terlalu rendah. Jika baju benar-benar kering, kamu bisa menyemprotkan pewangi dan kemudian menyetrika lagi di tahap akhir atau merapikan baju.

Baca Juga:  Uu Ruzhanul Ulum Beberkan Hal Ini Agar Pesantren Bisa Tingkatkan Daya Saing Usahanya

Menyimpan Baju

Simpan baju di tempat yang kering dan tidak lembab. Agar baju yang disimpan selalu rapi, simpan baju sesuai bahan kain. Simpan juga baju berdasar jenis. Simpan atasan atau kemeja bersama kemeja, kaos bersama kaos, baju berbahan jeans bersama sejenisnya dan baju daleman atau aksesoris bersama aksesoris. (Red)