BPBD Kabupaten Bogor Sudah Terima Banyak Laporan Bencana

JABARNEWS | GARUT – Sebanyak 41 laporan bencana akibat kondisi cuaca buruk, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bogor mengimbau mereka tinggal di tempat rentan terkena bencana untuk segera mengungsi.

“Iya ada 41 laporan sampai pukul 13.30 WIB. Semuanya mulai dari laporan bencana yang ringan sampai yang berat,” ujar Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Bogor, Yani Hassan, Rabu (01/01/2020).

Baca Juga:  Prakiraan Cuaca Jawa Barat Hari Ini Senin 12 Desember 2022

Menurutnya, Dalam menanggapi adanya puluhan laporan yang masuk, semua petugas BPBD Kabupaten Bogor diterjunkan ke lapangan untuk melakukan evakuasi.

Sementara itu, jika dihitung dari awal tahun 2019, sedikitnya ada 754 bencana terjadi di wilayah Kabupaten Bogor sejak 1 Januari 2019 hingga 11 Desember 2019.

“Dari awal tahun sampai 11 Desember 2019 ada 754 bencana seperti tanah longsor, banjir, angin puting beliung, tenggelam, tersambar petir, kebakaran, kekeringan, pohon tumbang dan gempa bumi,” bener Yani Hassan.

Baca Juga:  Bikin Ngakak! Kiky Saputri Sebut Ridwan Kamil Tak Bisa Jadi Bapak Buat Rakyat Kecil

Jika dirinci, 754 kejadian bencana itu terdiri dari 225 kejadian angin puting beliung, 180 kejadian tanah longsor, 48 kejadian banjir serta 330 kejadian lain-lain seperti peristiwa tenggelam, tersambar petir, kebakaran, kekeringan, pohon tumbang dan gempa bumi.

Baca Juga:  Para Pelajar Turut Meriahkan Penutupan TMMD di Purwakarta

Untuk meminimalisir dampak bencana, pihaknya menyiagakan personel yang berjaga secara bergantian, masing-masing tim yang berjaga terdiri dari 60 personel.

“Penanganan mulai dari lingkungan dulu, dari masing-masing desa. Rata rata lebih dari satu kejadian per hari bencana di Kabupaten Bogor,” tuturnya. (Ara)