Kolam Cibulakan, Bangunan Peninggalan Belanda di Purwakarta

JABARNEWS | PURWAKARTA – Kolam berukuran 40×15 meter persegi dikeliling nuansa yang asri, Kampung Babakan, Desa Babakan, Kecamatan Wanayasa, Kabupaten Purwakarta, merupakan tempat pemandian yang memiliki nilai historis

Dinamai Kolam pemandian Cibulakan, karena bentuk yang sederhana merupakan salah satu peninggalan zaman kolonial di Kabupaten Purwakarta.

Lantaran kolam pemandian tersebut merupakan salah satu bangunan peninggalan Belanda yang memiliki banyak fungsi dan sangat bermanfaat bagi warga sekitar.

Baca Juga:  Kecelakaan di Parungkuda Sukabumi, Seorang Perempuan Tewas secara Tragis

Kolam pemandian Cibulakan ini merupakan salah satu tempat sarana bermain anak-anak dan tempat rekreasi warga.

“Selain buat renang, kolam ini juga dipakai untuk mengairi sawah, kebun, dan tempat budidaya ikan,” ujar salah seorang pengurus kolam, Didin Sarifudin (44), Sabtu (7/12/2019).

Di dalam kolam terdapat sejumlah ikan emas yang bakal menemanimu berenang. Air kolam sendiri terbilang jernih dengan sumber mata air yang berada di dasarnya.

Baca Juga:  Prakiraan Cuaca Jawa Barat Hari Ini Jumat 23 Desember 2022

Meski belum dikemas hingga menjadi sebuah obyek wisata, namun tetap saja kolam Cibulakan menjadi sarana bermain favorit bagi warga sekitar.

Salah seorang pengunjung, Asep Sukmana (34) mengaku merasa puas saat berkunjung ke tempat tersebut.

Baca Juga:  Kasus Perudungan di Tasikmalaya Naik ke Penyidikan, Polda Jabar Dalami Perekam dan Penguplod Video

Pasalnya, menurut Asep hanya dengan membayar biaya pemeliharaan kolam sebesar Rp. 2.000 maka dirinya sudah bisa bermain di areal kolam cibulakan yang ber air bening itu sepuasnya.

“Cuma disini kita bisa bermain dengan puas tanpa membuat kantong kita bolong. Belum lagi tempat ini memiliki historis karena bangunanya peninggalan belanda,” ujarnya. (Gin)