Ada Penukaran Tabung LPG di DKUPP Purwakarta Tiap Minggu

JABARNEWS | PURWAKARTA – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Purwakarta melalui Dinas Koperasi, UKM, Perdagangan dan Perindustrian (DKUPP) berencana memfasilitasi warga untuk melakukan penukaran tabung gas LPG subsidi ke nonsubsidi ditiap minggunya. Setelah sebelumnya berhasil melaksanakan penukaran khusus untuk ASN yang masih mempunyai tabung subsidi.

Salah satu lokasi yang bisa didatangi warga untuk melakukan penukaran yaitu di kantor DKUPP Purwakarta di Jalan Veteran No.98, Nagri Kaler, Kecamatan Purwakarta.

“Kita akan mengusulkan ke pihak pertamina, agar tiap minggunya bisa memberikan layanan penukaran tabung LPG gas 3 kilogram (kg) dengan bright gas 5,5 kg, di kantor kita,” kata Kepala DKUPP Purwakarta, Hj. Karliati Djuanda melalui Kabid Perdagangan Gusrianita, disela-sela kegiatan pelayanan penukaran tabung gas di halaman kantor DKUPP Purwakarta, Kamis (19/12/2019).

Baca Juga:  Pansus LKPJ Fokus Soroti Kinerja BUMD di Pemkot Kota Bandung Tahun 2022

Selain penukaran di kantor DKUPP Purwakarta yang telah dilaksanakan beberapa kali, pihaknya juga akan mengusulkan penukaran tabung gas LPG dibeberapa lokasi yang dianggap strategis dan bisa dijangkau masyarakat luas.

Sehingga bagi masyarakat menengah keatas termasuk para ASN, yang seharusnya tidak boleh lagi menggunakan gas LPG 3 kg, bisa menukarkan tabung gasnya dan menggunakan bright gas 5,5 kg.

Baca Juga:  Duh! Data Ganda Bacaleg Masih Ditemukan di Kota Bajar

“Ini juga untuk mensukseskan program Bupati Purwakarta agar Aparat Sipil Negara (ASN) beralih menggunakan LPG nonsubsidi dan merupakan tindaklanjut dari deklarasi ASN memakai LPG nonsubsidi beberapa waktu lalu,” ujar Wita.

Wita menambahkan, adanya lokasi tempat penukaran tabung gas LPG, selain untuk mempermudah, juga untuk membantu masyarakat mendapatkan harga penukaran tabung gas di bawah harga pasaran.

Pasalnya, ada sejumlah masyarakat yang mengaku dikenakan biaya yang cukup tinggi untuk menukarkan gas LPG 3 kg ke bright gas 5,5 kg.

Sementara itu, Yani, salah satu warga yang menukarkan tabung gas LPG di kantor DKUPP Purwakarta menuturkan, awalnya ia akan menukarkan tabung gas di suatu tempat, namun harga penukaran tersebut cukup tinggi yaitu Rp250.000, sehingga penukaran tabung gas tidak dilakukannya.

Baca Juga:  Pangadam III/Siliwangi : Perkuat NKRI dengan Ketahanan Ekonomi, Sosial dan Budaya

Kemudian di hari ini, ia melakukan penukaran tabung gas di kantor DKUPP Purwakarta dengan harga penukaran hanya Rp172.000,-.

“Kemarin itu mau tukar di tempat lain, tapi harganya mahal kang, makanya nggak jadi. Alhamdulillah hari ini ada layanan penukaran tabung gas di DKUPP Purwakarta bersama pihak Pertamina dengan harga yang lebih terjangkau,” ucap Yani. (Zal)