Emil Beberkan Mengapa Pertahanan Air di Jabar Selalu Jebol

JABARNEWS | BOGOR – Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil meninjau wilayah Bogor usai berkunjung ke lokasi paling parah terdampak bencana di Jawa Barat, yakni Bekasi. Diketahui, anomali cuaca yang diprediksi masih terus terjadi di awal tahun 2020.

Selain itu, Emil demikian sapaan akrabnya mengungkapkan banyak sistem pertahanan air yang jebol akibat curah hujan ekstrem sehingga mengakibatkan banjir.

Baca Juga:  Minimnya Tanda Peringatan, Dalam 1 Malam Terjadi 7 Kecelakaan Di Jalan Ini

“Jadi semua sistem pertahanan air ini memang jebol. Ini menjadi sebuah tantangan bagaimana sebuah ‘engineering’ bisa mengatasi,” ujarnya saat meninjau lokasi terdampak bencana bersama Bupati Bogor Ade Yasin di Desa Bojong Kulur, Kecamatan Gunung Putri, Kabupaten Bogor, Kamis (2/1/2020).

Berdasarkan laporan yang ia terima dari Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG), curah hujan di wilayah Jawa Barat nyaris mencapai angka 400. Angka tersebut terbilang fantastis melampaui curah hujan tinggi yang biasa berada di angka 100.

Baca Juga:  Jelang Imlek, Polres Metro Bekasi Perketat Pengamanan Kelenteng

“Ini sudah dikoordinasikan dengan pemerintah pusat, Menteri PUPR. Pak Joko Widodo juga sudah memberikan instruksi agar kita saling berkoordinasi,” kata Emil.

Meski begitu, ia mengaku enggan terburu-buru membicarakan solusi agar banjir tak kembali terulang di Jawa Barat. Menurut Emil hal itu membutuhkan waktu dan ketenangan.

Baca Juga:  Warga Ujung Berung Curhat Tingginya Harga Kebutuhan Pokok, Irawati Janjikan Hal Ini

“Hari ini kita fokus di tanggap darurat, urusan berbicara solusi dan gimana jangan terulang lagi, itu saya kira tidak sekarang, itu butuh waktu secara keilmuan, secara ketenangan, untuk membahas hal-hal yang sifatnya ‘engineering’,” tuturnya. (Ara)