Simak! Inilah Tips Cegah Penyakit Kulit Saat Banjir

JABARNEWS | BANDUNG –  Genangan air banjir yang kotor bisa menimbulkan penyakit kulit seperti gatal-gatal. Tak hanya itu, genangan air bisa membawa wabah penyakit dan yang paling rentan adalah gatal-gatal dan penyakit kulit seperti infeksi jamur, kudis dan kurap

Beberapa warga bahkan harus mengungsi dan dievakuasi dari rumahnya karena banjir yang tak kunjung surut.

Baca Juga:  Dihantam Ombak, Nelayan Ini Hilang di Perairan Batu Berlayar Aceh

Untuk itu, berikut tips cegah sakit kulit saat banjir seperti yang dikutip dari berbagai sumber.

1. Hindari kontak dengan air banjir

Sebisa mungkin, hindari bersentuhan dengan air banjir. Jika sangat terpaksa gunakan sepatu bot agar air kotor tak mengenai kaki. Setelah itu cuci kaki dan tangan dengan sabun.

Baca Juga:  [INFOGRAFIS] 3M, Stop Covid-19

2. Menjaga kebersihan

Penyakit kulit dapat menyebar lewat air yang kotor. Untuk itu selalu membersihkan diri setelah terkena air banjir. Bersihkan area yang terpapar dengan air bersih dan gunakan sabun dan antiseptik.

3. Pilih obat yang sesuai

Jika sudah terlanjur gatal-gatal, bersihkan area tubuh yang terdampak dan berikan pengobatan yang sesuai. Jika gatal disebabkan oleh jamur maka berikan salep antijamur. Apabila gatal karena infeksi bakteri maka diberikan salep antibiotik.

Baca Juga:  Soal Pertunjukan Air Mancur Sri Baduga, Bupati Anne Ratna Mustika Pastikan Ini

Selain itu, penyakit seperti diare dan leptospirosis rentan menyerang anak jika terlalu lama dibiarkan bermain-main di genangan air banjir yang kotor. (Red)