Fenomena Langka, Hujan Es Sebesar Butiran Kelereng Melanda Ciamis

JABARNEWS | CIAMIS – Fenomena hujan es disertai angin lebat terjadi di wilayah Dusun Sindangjaya, Desa Cisontrol, Kecamatan Rancah, Kabupaten Ciamis, hujan es tersebut terjadi sekitar pukul 14.00 WIB, Jumat (3/1/2020).

Menurut Eem Siti Huzaemah (42) salah seorang warga masyarakat Dusun Sindangjaya RT 02 RW 13, Desa Cisontrol, Kecamatan Rancah, Kabupaten Ciamis mengaku kaget ketika mendengar suara benda jatuh menerjang genting dan halaman rumah.

“Pas dilihat ternyata ada es berjatuhan dari langit,” ucapnya kepada Jabarnews.com saat dihubungi melalui sambungan telepon, Jumat petang (3/1/2020).

Baca Juga:  Kenaikan Tarif Parkir Kota Tasikmalaya Dikeluhkan Warga

Eem mengaku ia sempat merasa khawatir dan heran jika di Desa Cisontrol bisa terjadi hujan es. Warga Dusun Sindangjaya dibuat gegar dengan adanya fenomena hujan es tersebut, dan hujan es tersebut tidak hanya dirasakan di wilayah RW 13, di RW 14 dan RW 15 juga merasakan hal yang sama.

“Hujan es dengan disertai angin kencang tersebut hanya berlangsung selama 30 menit, namun setelah hujan es berhenti, hujan air dan angin kencang masih terus mengguyur,” ujarnya.

Sementara, Sekretaris Desa (Sekdes) Cisontrol, Kecamatan Rancah, Iwan Setiawan membenarkan dengan adanya kejadian hujan es di wilayah Desa Cisontrol, Kecamatan Rancah. Menurutnya, kejadian hujan es disertai angin kencang tersebut tidak hanya terjadi di Dusun Sindangjaya, namun hujan es dan angin kencang juga terjadi di Dusun Kubang dan Dusun Mandalagiri.

Baca Juga:  Gugatan Cerainya Dikabulkan Hakim, Anne Ratna Mustika Bercucuran Air Mata: Alhamdulillah...

“Akibat adanya kejadian hujan es disertai angin kencang tersebut, tiang listrik dan pepohonan milik warga pun tumbang, sebagian pohon yang tumbang tersebut menimpa rumah milik warga. Tercatat ada 4 rumah yang mengalami kerusakan,” ujarnya.

Dalam kejadian tersebut Iwan mengaku, tidak menimbulkan korban jiwa, adapun 4 rumah yang mengalami kerusakan tersebut tidak terlalu rusak parah,” ungkapnya.

Baca Juga:  Ridwan Kamil Amankan BEM SI, Minta Bantu Selesaikan Masalah Ini di Jabar

Iwan mengimbau kepada seluruh masyarakat agar tetap waspada dimusim penghujan ini, menurutnya, jika ada yang mempunyai pohon yang berdekatan dengan pemukiman warga, sebaiknya ditebang, supaya pohon tersebut jika tumbang tidak menimpa pemukiman warga,” pesannya.

“Oleh sebab itu, saya meminta kesadaran dari masyarakat, jika ada pohon yang tinggi besar apalagi sudah lapuk, segera ditebang, supaya ketika pohon itu tumbang tidak akan menimpa pemukiman warga sekitar,” harapnya. (CR1)