Massa Gelar Unjuk Rasa Solidaritas Bela Uighur di Ciamis

JABARNEWS | CIAMIS – Massa dari berbagai kelompok berunjuk rasa solidaritas membela Muslim Uighur di di Alun-Alun Ciamis, Jumat (3/1/2020). Para pengunjuk rasa menuding pemerintah China menindas kaum Uighur karena mereka beragama Islam.

Massa aksi Forum Umat Islam Ciamis Peduli Uighur yang tergabung dalam beberapa Pondok Pesantren, Organisasi Masyarakat dan Organidasi Islam tersebut lakukan aksi unjuk rasa setelah melakukan Shalat Jumat bersama di Mesjid Agung Kabupaten Ciamis. Walaupun sempat diguyur hujan, namun aksi tersebut tetap berlangsung.

Baca Juga:  Masalah BUMD Kota Bandung Selalu Disharmonisasi, DPRD akan Telusuri Kinerja Dewas

Pimpinan Pondok Pesantren Miftahul Huda II Bayasari, dan sekaligus Pembina Forum Umat Islam Ciamis Peduli Uighur, KH. Nonop Hanafi mengaku bahwa aksi tersebut sebagai bentuk aksi solidaritas Umat Islam Ciamis terhadap Muslim Uighur yang saat ini mengalami berbagai cobaan dan siksaan dari kaum Cina,” katanya.

Baca Juga:  Polres Cianjur Gelar Apel Pasukan Operasi Lilin Lodaya 2019

“Kami sebagai Umat Islam Ciamis mengecam keras segala bentuk penindasan terhadap Muslim Uighur,” ujarnya.

Menurut KH. Nonop, saat ini Muslim Uighur sedang di dzolimi, bahkan ada semacam genosida atau penghapusan etnis Muslim Uighur di Tiongkok, oleh sebab itu melalui aksi nyata solidaritas yang dilakukan Gabungan Umat Islam Ciamis ini mudah-mudahan dapat mendorong Pemerintah Indonesia dalam melakukan komunikasi Internasional dan hubungan diplomatik.

Baca Juga:  Ramai Postingan Pembegalan di Grup Facebook Purwakarta, Ini Tanggapan Polisi

“Kami meminta umat Islam jangan mudah terpropaganda, umat Islam harus pandai membaca situasi dimanapun dan kapanpun. Mari tunjukan pada Dunia, bahwa Indonesia yang mayoritas Umat Muslim terbesar di dunia ini betul-betul sangat peduli dan mengecam keras penindasan terhadap Muslim Uighur.

Setelah melakukan aksi unjuk rasa, massa aksi langsung melakukan doa bersama dan melakukan penggalangan dana untuk Muslim Uighur. (CR1)