Kapal Republik Indonesia Siaga Tempur Amankan Laut Natuna

JABARNEWS | BANDUNG – Panglima Komando Gabungan Wilayah Pertahanan I (Pangkogabwilhan I) Laksamana Madya (Laksdya ) TNI Yudo Margono, mengatakan Kapal Republik Indonesia (KRI) dalam posisi siaga tempur pengamanan laut Natuna, Kepri, sebagai upaya penegakan kedaulatan negara.

“Ada dua KRI kita kerahkan dan ditambah jadi tiga menyusul besok, ini kita lakukan karena ada pelanggaran kedaulatan di Laut Natuna,” ujar NI Yudo Margono, Jumat (02/02/2020)

Baca Juga:  Berkedok Jual Sendal, Polisi Purwakarta Sita Miras di Pasar Anyar

Ia menyebutkan, dalam pengawasan di wilayah itu dideteksi sebanyak 30 kapal ikan asing yang beroperasi di wilayah kedaulatan NKRI dengan dikawal oleh 3 kapal Coast Guard milik Tiongkok.

Baca Juga:  Eko Nilai Purwakarta Sudah Pantas Miliki Perguruan Tinggi Negeri

“Melalui udara tadi pagi kita telah pantau, ada 30 kapal ikan asing dengan dikawal 3 kapal pengawas mereka, dan mereka sengaja menghidupkan AIS mereka, ini ada apa?” kata dia mempertanyakan.

“KRI Teuku Umar dan KRI Tjiptadi diberangkatkan ke lokasi perairan tersebut. Operasi ini kita melibatkan semua unsur, baik darat, laut dan udara,” ujarnya menegaskan.

Baca Juga:  InI Upaya Pemkab Subang Cegah HIV/AIDS

Dalam menjalankan operasi, ia mengingatkan kepada prajurit untuk tidak terpancing. Prajurit diminta untuk mengutamakan cara persuasif agar 30 kapal pencari ikan dan 3 kapal Coast Guard China keluar dari laut Natuna. (Red)