Menhub: Banjir di Tol Cipali karena Galian C

JABARNEWS | MEDAN – Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menegaskan penyebab banjir di Tol Cikopo-Palimanan (Cipali), Jawa Barat, khususnya di kilometer 136 adalah akibat Galian C di sekitar sungai yang dilintasi tol tersebut.

“Untuk mengatasi hal ini, Kementerian Perhubungan telah berkoordinasi dengan Kementerian PUPR terkait pengelolaan saluran air oleh pengembang tol,” katanya, di Medan, Sabtu (4/1/2020).

Baca Juga:  2 Pengedar Narkoba Asal Tebing Tinggi Ditangkap

Ia mengatakan pihaknya telah berkoordinasi dengan Kementerian PUPR terkait pengelolaan saluran air di sekitar tol oleh pengembang. Ke depan pengelola tol tidak hanya mengelola jalannya saja, namun juga melakukan pengamatan pada sungai-sungai di sekitar ruas tol.

Baca Juga:  TMMD ke 113 Di Kecamatan Cibatu Diapresiasi DPRD Purwakarta: Sangat Membantu Masyarakat

Instruksi itu, kata Menhub, sudah sesuai dengan standar operasional prosedur yang ditetapkan oleh kementerian guna merespons peristiwa tol yang tergenang air akibat banjir.

Selain itu pihaknya juga telah berkoordinasi dengan Kementerian PUPR agar pengelola jalan tol untuk memperdalam sistem saluran air, sehingga kejadian seperti Tol Cipali kilometer 136 yang kebanjiran tidak terulang kembali.

Baca Juga:  Sukses Amankan Tambang Ilegal, Polres Majalengka Diapresiasi Sahabat Polisi

“Menteri PUPR memberikan suatu standar operasional prosedur (SOP) baru, yaitu pengelola jalan tol tidak hanya mengelola jalan tol, tapi juga melakukan pengamatan pada sungai-sungai yang melintas di sekitar,” tegasnya. (Ara)