Atasi Banjir Musim Hujan Pemprov Jabar Siapkan Solusi Jangka Panjang

JABARNEWS | KARAWANG – Pemerintah Provinsi Jawa Barat (Jabar) dalam mengatasi banjir mengaku telah memiiki solusi banjir jangka panjang untuk sejumlah titik saat musim hujan.

Gubernur Jawa Barat (Jabar), Ridwan Kamil mengatakan teknis dalam mengatasi banjir ialah dengan membuat sodetan dan bendungan yang dapat menampung air dari sungai-sungai yang meluap. Karena banjir terjadi akibat sungai meluap.

Baca Juga:  Ini Bahayanya Jika Berkendara Motor Sambil Menggunakan Headset

“Perlu waktu. Baik secara keilmuan maupun tenaga. Termasuk butuh banyak banyak kajian yang benar-benar baik,” ujar Ridwan Kamil saat meninjau posko dan tenda pengungsian korban banjir di Kabupaten Karawang, Sabtu (04/01/2020) .

Ia menambahkan, banyak aspek yang harus dipelajari dalam penanganan bencana banjir. Selain itu perlu sinergitas antara Pemkab, Pemprov dan pemerintah pusat.

Baca Juga:  Titik Terang Hampiri Devi Shinta, Bayi 2 Tahun Asal Cianjur yang Sakit Meningokel

Sementara itu, kunjungan gubernur ke Karawang tidak hanya meninjau posko banjir dan tenda pengungsian. Tapi juga memastikan kalau distribusi bantuan banjir dan penanggulangan bencana banjir berjalan baik.

Gubernur meninjau posko banjir di Karawang didampingi Bupati Karawang, Cellica Nurrachadiana.

Baca Juga:  Soal Sanksi Jika PNS Ketahuan Mudik, Ini Kata Menteri Tjahjo Kumolo

Pada kesempatan itu, bupati mengaku telah mengerahkan setiap unsur dalam penanganan bencana banjir.

Meski di beberapa daerah banjir kini sudah mulai surut, Cellica mengimbau agar masyarakat tetap waspada. Karena curah hujan masih tinggi hingga beberapa waktu ke depan. (Red)