Woww.. Disinilah Komunitas Ikan Hias Sukabumi Dikembangkan

JABARNEWS | SUKABUMI – Pemerintah Kota Sukabumi memberikan perhatian terhadap penggemar maupun pembudidaya ikan hias dalam upaya meningkatkan pendapatan dan kualitas.

Dalam mengembangkan potensi ikan hias tersebut, Pemkot Sukabumi akan memfasilitasi mulai dari budidaya hingga pemasaran ikan hias.

Wali Kota Sukabumi Achmad Fahmi mengatakan pihaknya melirik potensi ikan hias cukup tinggi dan sudah banyak komunitasnya serta penggemar.

“Kami sudah menyediakan tempat untuk dijadikan pasar ikan hias di Sub Terminal Agribisnis Bungbulang, Kecamatan Cibeureum. Tempat ini selain untuk pemasaran juga bisa dijadikan sarana silaturahmi dan tukar menukar informasi serta pengetahuan terkait pengembangan ikan hias,” ujar Achmad, Sabtu (04/01/2020).

Baca Juga:  Emplod Ngeunah, Si Endog Léwo ti Malangbong

Selain itu, ia pun yakin dengan adanya sarana dan prasarana untuk budidaya dan pemasaran ikan hias bisa meningkatkan pendapatan masyarakat dan tidak menutup kemungkinan ke depannya Kota Sukabumi bisa menjadin sentra ikan hias.

“Dengan adanya pasar ikan hias ini bisa lebih mempermudah pembudidaya dan penggemar dalam memasarkannya,” ujarnya.

Baca Juga:  Eceng Gondok Bikin Danau Kumuh

Harus diakui perputaran uang komoditas tersebut sangat tinggi, selama ini pemasarannya dilakukan secara online dengan memanfaatkan media sosial maupun jejaring lainnya sehingga.

“Meskipun saat ini baru bisa menampung 12 komunitas pecinta ikan Kota Sukabumi dengan 23 kios ke depannya kami akan terus mengembangkan potensi perikanan lokal dan tidak hanya untuk komoditas ikan hias saja tetapi, ikan konsumsi,” tambahnya.

Sementara, Kepala Bidang Perikanan Dinas Ketahanan Pangan, Perikana dan Peternakan (DKP3) Kota Sukabumi Cecep Rapih mengatakan dengan adanya pasar ikan hias ini bisa menjadi daya tarik tersendiri bagi masyarakat dan bisa menarik penggemar ikan hias dari luar Sukabumi untuk datang.

Baca Juga:  Menkes Mengapresiasi Kinerja Dinas Kesehatan Ciamis

Lokasi Kota Sukabumi yang strategis karena, diapit dua kota besar yakni DKI Jakarta dan Bandung tentunya sangat diuntungkan apalagi pembangunan jalan tol dan sarana lainnya selesai dibangun maka penghobi ikan hias akan banyak berdatangan ke Kota Sukabumi. (Red)