Cegah Banjir, Ini yang Dilakukan Yon Armed 9 Pasopati Kostrad

JABARNEWS | PURWAKARTA – Dalam rangka mengantisipasi dampak banjir akibat tingginya intensitas curah hujan di beberapa wilayah Kabupaten Purwakarta, Batalyon Armed bersama masyarakat di Kelurahan Ciseureuh, Kabupaten Purwakarta membersihkan selokan dan lingkungan sekitar, pada Minggu (5/1/2020).

Danyon Armed 9 Pasopati Kostrad, Mayor Arm Andi Achmad Afandi mengatakan, kegiatan itu dilakukan untuk membangkitkan kesadaran para anggota TNI juga masyarakat terhadap kebersihan lingkungan.

Terlebih, kondisi cuaca yang tidak dapat diprediksi, dengan tingginya intensitas hujan, membuat rerumputan dan ilalang tumbuh subur menutupi jalan serta menyumbat saluran air.

Baca Juga:  Uu Ruzhanul Ulum Bicara Soal Pengembangan Usaha Melalui SCF, Apa Itu?

“Melihat kondisi tersebut, timbul inisiatif kita untuk melakukan kerja bakti bersama membersihkan sektor umum pembersihan selokan, pengerukan kali dan bersihkan gorong-gorong agar air tidak tersumbat. Ini kita lakukan dalam upaya mencegah banjir yang terjadi beberapa waktu lalu di Purwakarta,” ungkap Andi.

Baca Juga:  Pastikan Kendaraan Dinas Berfungsi dengan Baik, Kapolres Purwakarta Lakukan Ini

Walaupun dengan kondisi peralatan seadanya, tidak menyurutkan semangat anggota dengan warga untuk melakukan kegiatan karya bakti bersama.

“Kita maksimalkan dengan alat seadanya, kita gunakan parang milik pribadi untuk memotong rumput-rumput dan cangkul untuk mengeruk sampah dari saluran air,” katanya.

Ditambahkan Andi, aksi itu sebagai bentuk kepedulian TNI pada lingkungan, sekaligus menjadi teladan bagi masyarakat agar mau terjun ke sungai, saluran air, dan selokan membersihkan sampah.

Baca Juga:  250 Orang Saksi Kasus Pajak Dana Desa, Diperiksa Kejari Kabupaten Cirebon

“Lebih dari itu, untuk menggugah kesadaran warga agar tak buang sampah di aliran sungai. Ini menggiatkan antisipasi banjir dan nyamuk,” pungkasnya.

Lingkungan yang sehat, bersih dan rapi merupakan dambaan semua warga yang berada dan tinggal di wilayah tersebut. Guna terus menjaga dan mempertahankan kondisi tersebut kita harus senantiasa membersihkan lingkungan sekitar. (Gin)