Gretac Tasikmalaya Evakuasi Ular Masuk Ke Rumah Warga

JABARNEWS | TASIKMALAYA – Komunitas Galunggung Reptilian Community (Gretac) Kota Tasikmalaya lakukan evakuasi Ular Water Tiger (Ular Kadut) yang masuk ke pemukiman rumah warga di Jalan Babakan Siliwangi Kota Tasikmalaya, Minggu (05/01/2020).

Ketua Komunitas Gretac Kota Tasik, Endang Arjun mengatakan bahwa saat melakukan evakuasi, ular tersebut memiliki panjang sekitar 80 Cm.

“Karena posisi rumah warga tersebut berada di dekat kolam, disamping itu juga di pinggir rumahnya ada sawah dan kebun,” ujar Endang Arjun kepada Jabarnews.com, Minggu (05/01/2020).

Baca Juga:  Pelaku UKM di Kota Bogor Didorong Tembus Pasar Nasional Hingga Internasional

Pada saat mau di evakuasi, ular tersebut persis dibawah mesin cuci yang terletak di dapur rumah warga. Kemungkinan datang dari kebun dan masuk kedalam rumah melalui celah pintu dapur.

Oleh sebab itu setelah melakukan evakuasi, kami juga memberikan edukasi kepada masyarakat tentang jenis ular apa yang ditangkap dan berbisa atau tidaknya.

Baca Juga:  Temukan Jual Beli Vaksin COVID-19, Laporkan ke Sini!

Menurut Endang, Ular Water Tiger sendiri tidak berbisa, namun cenderung memiliki bakteri dimulutnya, jadi ketika tergigit Ular Water Tiger, kemungkinan bisa sakit seperti demam.

“Ular Water Tiger tersebut merupakan Ular sahabat Petani, karena Ular tersebut makanan utamanya adalah tikus yang berada dipesawahan, tikus sendiri merupakan hama bagi para petani

Baca Juga:  Jelang Pemilu 2024, Demokrat Jabar Edukasi Kaum Milenial dengan Pendidikan Politik

Endang juga mengaku, Komunitas Gretac Kota Tasik siap membantu masyarakat dalam mengevakuasi berbagai macam hewan reptil selama 24 jam, dan gratis tanpa dipungut biaya.

“Ular Water Tiger tersebut nantinya akan dikarantina selama 1-2 hari, nanti setelah dikarantina akan dilepasliarkan di pesawahan yang jauh dari pemukiman,” ungkapnya. (CR1)