Simak! Cara Ini Bisa Bikin Anak Semangat Sekolah Usai Liburan

JABARNEWS | BANDUNG – Selama libur panjang biasnya menyisakan untuk susah move on dari suasana santai dan menyenangkan.

Walaupun berat dan masih terbawa kebiasaan saat libur, semuanya harus kembali mengumpulkan semangat untuk masuk sekolah setelah libur panjang.

Sebagai orangtua yang pernah menjadi siswa sekolah pasti sempat kehilangan semangat karena terlalu lama liburan. Nah, beikut ini tips agar anak agar anak semangat sekolah kembali.

Tidur Tepat Waktu

Salah satu cara agar anak semangat sekolah kembali adalah dengan memperbaiki pola tidurnya. Saat musim liburan, biasanya jam tidur anak akan berantakan. Pastikan anak mendapatkan waktu istirahat yang cukup di malam hari.

Baca Juga:  Lokasi SIM Keliling Bandung Hari Ini 29 Maret 2022

Maka itu, anak usia sekolah disarankan untuk mendapatkan waktu tidur sekitar 9 hingga 12 jam dalam satu hari. Karena kurang tidur di malam hari, bisa menyebabkan anak kehilangan semangat dan motivasi untuk sekolah.

Penampilan Baru

Selain untuk mengubah penampilan, nyatanya hal ini juga bisa membantu meningkatkan semangat sekolah anak. Cara agar anak semangat sekolah kembali adalah dengan mengajaknya untuk memotong rambut.

Setidaknya, hal ini juga bisa membawa suasana yang baru, sehingga anak akan jadi lebih semangat untuk menghadapi hari pertama sekolah, setelah liburan.



Membeli Peralatan Sekolah


Mengajak anak untuk membeli alat-alat sekolah juga bisa menjadi cara agar anak semangat sekolah.

Biasanya, setelah liburan sekolah, anak-anak akan membutuhkan beberapa peralatan baru. Seperti buku, pulpen, tas, hingga seragam.

Baca Juga:  Ranger Perhutani Lakukan Patroli dengan Terapkan Protokol Kesehatan

Namun, sebaiknya hindari membelikan anak hal-hal yang tidak perlu, ya. Selain boros, kebiasaan ini juga bisa membuat anak menjadi manja, dan terus mengharapkan imbalan untuk melakukan sesuatu yang sebenarnya sudah menjadi kewajiban buah hati kita.



Siapkan Perlengkapan Sekolah di Malam Hari


Sebagai cara agar anak semangat sekolah, buat ia tidak terburu-buru di hari pertamanya, dengan mengajak ia menyiapkan perlengkapan sekolah di malam hari. Siapkan daftar perlengkapan yang harus dibawa.

Dan pastikan anak sudah memasukkan alat tulis serta buku ke dalam tas. Karena, dengan persiapan lebih awal, tentunya anak akan lebih semangat menyambut pagi untuk kembali memulai sekolah.

Baca Juga:  Ridwan Kamil 'Curhat' Banyak Kendala Penuhi Target Vaksinasi di Jabar

Sarapan

Cara agar anak semangat sekolah lainnya juga dengan memperhatikan menu sarapannya. Sebagai waktu makan terbaik, sangat penting untuk memenuhi kebutuhan nutrisinya saat sarapan. Selain itu, menu sarapan yang disantap juga bisa memengaruhi mood dan semangat anak dalam menjalani hari, lho.

Jadi, agar anak lebih semangat belajar, pastikan untuk menyiapkan menu sarapan yang sehat dan kaya akan zat gizi, serta baik bagi tubuh. Seperti susu, telur, kacang-kacangan, ikan, sayur, dan buah-buahan. Pastikan juga menu sarapannya adalah menu kesukaan buah hati. (Red)