BPBD: Hujan Angin Landa Tasikmalaya, Awas Pohon Tumbang

JABARNEWS | TASIKMALAYA –  Berdasarkan prediksi Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) akan terjadinya peningkatan intensitas hujan di sejumlah daerah termasuk Tasikmalaya pada Januari 2020.

Atas dasar itu, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Tasikmalaya, Jawa Barat, mengimbau masyarakat untuk mewaspadai ancaman bahaya pohon tumbang di perkotaan Tasikmalaya saat turun hujan dan angin kencang.

Baca Juga:  Juara! Indonesia Duduki Peringkat Pertama Kasus Mingguan Covid-19 di Asia

“Cukup banyak pohon yang sudah lapuk dan tua di wilayah perkotaan yang bisa saja tumbang,” kata Kepala Pelaksana BPBD Kota Tasikmalaya, Ucu Anwar melalui telepon seluler. Minggu (5/1/2020)

Ia menuturkan BPBD Kota Tasikmalaya selama ini terus mendata dan memeriksa setiap pohon tua yang tumbuh di perkotaan, bahkan memangkasnya apabila membahayakan warga atau pengguna jalan.

Baca Juga:  Misi Sukses, Bima Arya Berhasil Segel Elvis Cafe Eks Holywings

“BPBD saat ini terus mendata dan memangkas pohon yang sudah lapuk agar tidak membahayakan warga,” katanya.

Hujan deras disertai angin kencang, kata dia, harus diwaspadai karena seringkali menyebabkan banjir akibat luapan sungai dan pohon tumbang di kawasan perkotaan.

“Cuaca ekstrem ini meminta kewaspadaan warga,” katanya.

Baca Juga:  Ketua KPU Karawang Mengundurkan Diri, Padahal Tahapan Pemilu 2024 sedang Berlangsung

BPBD Kota Tasikmalaya, kata Ucu, sudah siap siaga menanggulangi bencana, termasuk meminimalisasi risiko bencana alam dengan melakukan sosialisasi kepada warga yang tinggal di kawasan rawan bencana.

Saat ini ancaman bahaya bencana alam tidak hanya terjadi di pedesaan, tetapi juga perkotaan sehingga harus menjadi perhatian setiap warga kota. (Red)