PKS Demokrat Berkoalisi, Sosok Ini Diusung Jadi Cabup Bandung

JABARNEWS | BANDUNG – Partai Keadilan Sejahtera (PKS) dan Partai Demokrat Kabupaten Bandung mendeklarasikan koalisinya untuk Pilkada 2020 mendatang. Dua partai tersebut sepakat mengusung Gun Gun Gunawan sebagai bakal calon Bupati Bandung untuk Pilkada Kabupaten Bandung 2020.

Memiliki kesepahaman visi untuk merubah Kabupaten Bandung lebih baik ke depannya, kesepakatan koalisi ini dituangkan dalam deklarasi kedua partai tersebut di Gedung Berkah Sadaya Sekertariat Dewan Pimpinan Daerah (DPD) PKS Kabupaten Bandung, Kecamatan Baleendah, Kabupaten Bandung, Jawa Barat, Minggu (5/1/2020).

Ketua DPD PKS Kabupaten Bandung, Jajang Rohana mengatakan, pihaknya telah membuat kesepakatan dengan Partai Demokrat untuk berkoalisi pada Pilkada Kabupaten Bandung, yang akan digelar September 2020 mendatang.

Baca Juga:  Begini Cara Polisi di Sukabumi Antisipasi Lonjakan Covid-19 dan Penularan Hepatitis Akut

“Kesepakatan ini dicapai setelah kedua partai melakukan penjajakan hingga menghasilkan kesepahaman untuk sama-sama mengusung Gun Gun Gunawan sebagai calon Bupati. Karena kursi kami (PKS) memang tidak cukup untuk maju sendiri,” kata Jajang kepada wartawan usai deklarasi.

Menurut Jajang, koalisi dengan Demokrat merupakan langkah awal. Dan PKS sangat terbuka terhadap partai dan elemen masyarakat lainnya, untuk berkoalisi dan mendukung calon Bupati yang diusung oleh PKS.

“Dengan partai lainnya pun kami sangat terbuka untuk berkoalisi. Selama itu memiliki visi yang sama dan menginginkan perubahan ke arah yang lebih baik, kenapa tidak? Memang sekarang juga sudah baik, tapi periode yang akan datang Kabupaten Bandung harus lebih baik lagi,” ujarnya.

Baca Juga:  Politik Cukur Rambut, Pelanggan Sampai Mengantre

Disinggung mengenai calon wakil pendamping Gun Gun Gunawan, kata dia, pertemuan tersebut belum mengarah pada pengusungan nama untuk bakal calon wakil Bupati. Namun demikian, pihaknya bersama mitra koalisi akan terus melakukan penjajakan untuk mencari nama bakal calon wakil Bupati.

Soal pengusungan Gun Gun Gunawan sebagai bakal calon Bupati dari PKS, Jajang menegaskan, meski sampai saat ini belum ada rekomendasi dari DPP, namun hingga kini nama Gun Gun Gunawan menjadi prioritas partainya.

“Pengusungan ini juga telah diketahui oleh DPW dan DPP PKS. Memang putusan itu dari DPP, tapi merupakan usulan dari bawah. Jadi Gun Gun ini menjadi prioritas sebagai calon Bupati. Apalagi kan beliau saat ini Wakil Bupati Bandung,” terangnya.

Baca Juga:  Berwisata ke Sumedang, Seorang Remaja Hanyut Terseret Arus Sungai Cihonje

Sementara itu Ketua Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Partai Demokrat Kabupaten Bandung, Endang menambahkan, keputusan partainya untuk berkoalisi dengan PKS karena kesamaan visi dalam menghadapi Pilkada 2020. Sehingga sepakat untuk mengusung Gun Gun Gunawan.

“Kalau untuk calon wakil Bupati, kami belum mengajukan atau menyepakati satu nama. Kami juga siap bersama-sama dengan PKS untuk mencari nama yang tepat untuk posisi calom wakil Bupati. Karena kami juga belum secara resmi membuka pendaftaran untuk calon wakil. Namun memang, selama ini sudah ada beberapa nama kader yang menyatakan kesiapannya,” tandasnya. (Red)