Aligator Gigit Balita di Lapas Sukamiskin Ternyata Pemberian Keluarga Napi

JABARNEWS | BANDUNG – Insiden ikan predator yang dipelihara di Lapas Perempuan Kelas II Sukamiskin Bandung yang menggigit seorang balita, mendapat sorotan dari berbagai pihak. Meskipun sejak ikan itu berada di lingkungan lapas, tidak ada korban yang digigit oleh ikan yang bersifat karnivora tersebut.

Kepala Lapas Perempuan Kelas II Sukamiskin Bandung Rafni Trikoriaty Irianta menyebut ikan aligator yang mengigit seorang balita berusia 1,5 tahun di kolam lapas adalah ikan pemberian yang telah dipelihara sejak masih kecil.

Baca Juga:  Kecelakaan di Tol Jagorawi Tewaskan Dua Orang, Polisi Lakukan Penyelidikan

Menurut dia, ikan aligator tersebut diberi oleh salah seorang keluarga dari narapidana yang telah bebas. Ikan aligator tersebut telah ada sejak delapan bulan lalu di kolam yang berada di halaman depan kompleks gedung tahanan perempuan.

“Itu ikan ada dua, ada yang kasih sekitar delapan bulan lalu. Katanya dari mantan narapidana, sekarang sudah bebas,” kata Rafni di Lapas Perempuan Kelas II Sukamiskin, Jalan Pacuan Kuda, Kota Bandung, Senin.

Namun, ia mengaku tidak bermaksud untuk membahayakan pengunjung dengan adanya ikan itu.

Baca Juga:  Aziz : Jangan Anggap Remeh Lawan

“Ikan aligator itu, setiap hari diurus oleh pihak kebersihan lapas. Keberadaan ikan tersebut hanya sebagai penghias di kolam tersebut,” ujarnya.

Namun, biasanya ikan aligator itu tidak mengigit siapapun yang berada di dekat kolam tersebut. Petugas lapas sering duduk duduk di situ (pinggir kolam), tidak ada (perilaku) ikan sampai gigit-gigit gitu.

“Saya tanya apakah ikannya lompat? Katanya tidak, mungkin tangannya (balita) diceburin ke kolam. Saya menyesalkan adanya kejadian tersebut,” kata Rafni.

Baca Juga:  Vihara Tanda Bhakti, Simpul Kegiatan Umat Buddha di Kota Bandung

Seorang perwakilan keluarga dari balita tersebut, Alina mengaku tidak mengetahui keberadaan ikan aligator tersebut. Apalagi, kata dia, kolam ikan tersebut berada di dekat ayunan tempat bermain anak.

“Tidak ada tanda peringatan dan informasi (di kolam tersebut),” kata Alina, Minggu (5/1/2020).

Sebelumnya, seorang balita berusia 1,5 tahun mengalami luka di tangan kanan bagian jari telunjuk. Balita tersebut diduga digigit oleh ikan aligator yang berada di kolam lapas tersebut. (Ara)