Bikin Kinclong! Tips Cuci Velg Ini Tepat Dilakukan Saat Musim Hujan

JABARNEWS | BANDUNG – Musim hujan seperti saat ini, tak mudah memang dalam menjaga kebersihan kendaraan roda empat, khususnya velg ban mobil. Terlebih saat mencuci velg tidak bisa dilakukan secara asal-asalan.

Jika salah penanganan, besar kemungkinan akan membuat tampilan velg menjadi lebih kusam dan mengganggu tampilan mobil secara keseluruhannya.

Sebelumnya pastikan fender dan bodi sudah dicuci dan bersih terlebih dahulu, karena kalau belum, air yang bercampur kotoran dan noda dari bodi dan spakbor akan kembali hinggap di velg.

Baca Juga:  Pendatang Baru di Ajang ISSOM 2022, Tim DFP Hamosena Sejati Targetkan Podium

Kemudian disarankan untuk secepat mungkin membersihkan velg setelah berkendara saat hujan atau setelah menerjang genangan air. Sehingga kotoran tak singgah berlama-lama dan mengundang karat. Untuk menjangkau sudut velg yang sempit, Anda bisa gunakan kuas, sikat atau sikat gigi

Tips mencuci velg juga dalam pemilihan waktu, yakni tepat pada sore hari. Alasannya, pada sore hari matahari tak lagi terik dan suhu lebih terjaga, sehingga kemungkinan timbulnya jamur pada velg bisa diminalisir.

Baca Juga:  Parah! Ada Empat Kasus Pencabulan Anak di Tasikmalaya dalam Sebulan

Setelah itu, barulah cuci velg dengan menggunakan shampo atau cairan pembersih khusus untuk eksterior atau velg. Namun, hati-hati untuk velg yang berfinishing krom, pakailah cairan pembersih khusus untuk velg krom.

Karena jika nekat membersihkan velg krom dengan sembarang cairan pembersih, akan sangat beresiko membuat tampilan kromnya pudar atau bahkan mengelupas. Tips mencuci velg selanjutnyanya adalah dengan menggunakan sikat kecil atau sikat gigi untuk menjangkau sela-sela velg yang sempit.

Setelah dirasa bersih semua, jangan lupa untuk mengeringkan dengan menggunakan lap bersih bahan microfiber, agar tidak menimbulkan jamur atau goresan pada velg.

Baca Juga:  Dugaan Melanggar Prokes, Polisi Bakal Panggil Anies dan Rizieq Shihab

Seperti diketahui, selain debu, air atau tanah, kotoran yang umumnya menempel pada velg adalah noda aspal. Untuk membersihkannya, setelah dicuci, bisa bersihkan dengan menggunakan bantuan bensin atau minyak tanah, namun lakukan dengan hati-hati.

Untuk menjangkau detail velg yang sulit seperti lekukan atau baut-baut, gunakan sikat gigi untuk mencungkil kotoran atau noda aspal. Mudahkan? (Red)