Gubernur Jabar Kunjungi Korban Banjir di Karawang

JABARNEWS | KARAWANG – Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil meninjau titik banjir yang berada di Desa Karangligar, Kecamatan Telukjambe barat, Karawang. Salah satu titik yang dikunjungi Emil, adalah wilayah Karangligar.

Banjir yang merendam permukiman di daerah Karangligar sebelumnya mencapai ketinggian 2 meter. Banjir disebabkan meluapnya aliran sungai Cibeet dan Citarum. Sesampainya di lokasi pengungsian, Emil membagi-bagikan permen kepada anak-anak korban banjir.

Baca Juga:  Kawanan Monyet Serbu Perkampungan, Warga Kuningan Resah

“Saya minta maaf kepada warga korban banjir karena baru sempat berkunjung setelah meninjau wilayah lain yang juga mengalami hal yang sama,” kata Ridwan Kamil, dilansir dari laman Merdeka.com, Sabtu (4/1/2020).

Dikatakan Emil, musibah banjir di Jawa Barat, terdapat 6 wilayah yang terdampak. Semua daerah dampak banjir di Jabar menjadi prioritas tanggap darurat, tetapi yang lebih diprioritaskan wilayah Bekasi.

Baca Juga:  303 CPNS Purwakarta Terima SK Disiplin dan Profesional Bekerja

Untuk solusi jangka panjang atasi banjir, diungkapkan Emil, butuh banyak aspek yang harus dipelajari dan membutuhkan koordinasi dengan pemerintah pusat sehingga ke depannya tidak lagi terjadi banjir besar. Adapun teknisnya dengan membuat sodetan dan bendungan yang dapat menampung air dari sungai -sungai yang kerap meluap dan menimbulkan banjir.

“Pemprov Jabar akan terus berkoordinasi dengan pemerintah pusat, karena butuh waktu secara keilmuan, ketenangan, harus bahas hal-hal teknis sesuai kajian dalam penataan sungai di Karawang,” ucapnya.

Baca Juga:  Saat Ramadan, Konsumsi Jangan Berlebihan

Sebagai penutup Emil mengimbau warga Jabar agar waspada terhadap anomali cuaca selama empat hingga lima hari ke depan karena BMKG memprediksi cuaca ekstrem masih akan terjadi. Kepada warga yang terdampak banjir bisa diberi kesabaran dan banjir segera kering setelah mengalami surut. (Red)