Persib Terancam Terusir Di Kandang Sendiri

JABARNEWS | BANDUNG – Belum juga kompetisi Liga 1 musim 2020 digelar, klub kebanggaan Jawa Barat Persib Bandung sudah dihantui dengan tidak berlaga di kandang. Kemungkinan itu didapatkan tim berjuluk Maung Bandung karena belum pastinya stadion yang sering digunakan Persib untuk laga kandang

Direktur PT Persib Bandung Bermartabat (PBB), Teddy Tjahjono mengaku Persib masih ingin menggunakan Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA) sebagai kandang, namun hingga kini GBLA tak kunjung bisa digunakan.

“Kita maunya di GBLA. Tapi kalau tidak bisa ya di SJH (Stadion Si Jalak Harupat),” kata Teddy saat ditemui di Graha Persib, Jalan Sulanjana, Kota Bandung, Selasa (7/1/2020).

Baca Juga:  Partai Baru Di Cirebon Bentuk Koalisi Tersendiri

Seperti diketahui, GBLA masih memiliki permasalahan aset hingga pengelolaan yang belum sepenuhnya dikuasai oleh Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung. Akibatnya Pemkot tidak bisa mengatasi bangunan GBLA yang memiliki masalah kontruksi. Kemudian hal itu berimbas kepada izin yang tidak diberikan oleh pihak kepolisian.

Namun opsi untuk menggunakan Si Jalak Harupat bukan tidak berpotensi masalah. Pasalnya SJH kemungkinan akan mengalami sejumlah renovasi untuk mempersiapkan perhelatan Piala Dunia U-20 pada 2021 apabila resmi diputuskan sebagai salah satu tempat penyelenggaraan.

Baca Juga:  Wagub Jabar: Kebijaksanaan Kades Merupakan Kunci Keberhasilan Desa Juara

“Ya kita lihat saja, kan belum tahu kapan direnovasinya,” kata Teddy.

Sementara itu, Kepala UPT Stadion SJH Ermulyana Gandapradja mengatakan stadion yang menjadi kebanggaan warga Kabupaten Bandung itu berpotensi direnovasi pada 2020. Karena seperti persiapan Asian Games 2018, menurutnya, setahun sebelumnya SJH juga direnovasi.

“Seperti Asian Games dulu, ketika ditetapkan jadi venue, satu tahun sebelumnya sudah ada dari Kementerian PUPR untuk rehabilitasi,” kata Ermulyana.

Saat ini Stadion SJH masih berstatus sebagai kandidat tempat penyelenggaraan Piala Dunia U-20 tahun 2021. Apabila sudah resmi diputuskan sebagai tempat, menurut Mulyana stadion itu akan segera direnovasi.

Baca Juga:  Waduh, Belasan Hunian Sementara Korban Bencana di Bogor Rusak

Meski demikian, ia juga tidak menutup kemungkinan bahwa Persib tetap bisa menggunakan stadion tersebut. Karena hingga kini masih belum ada keputusan dari pihak panitia penyelenggaran Piala Dunia U-20.

“Memang sampai saat ini belum, waktu itu informasi yang saya dapatkan di awal kita terpilih (sebagai kandidat), tapi sampai saat ini baik dari Kemen PUPR, PSSI atau pihak penyelenggara belum ada kejelasan,” tutupnya. (Red)