Live Stream Bandung 132 TV


Begini Strategi Kades Sukaperna Berantas Kemiskinan di Majalengka

Kades mengusulkan pendataan ulang harus kembali dilakukan agar angka kemiskinan dapat dipetakan secara terperinci

Ruangan Kantor Desa Sukaperna Kecamatan Talaga. (Foto: Rik/Jabarnews)

JABARNEWS | MAJALENGKA - Berdasarkan data dari Badan Pusat Statistik, Kabupaten Majalengka masih memiliki angka kemiskinan hingga mencapai 10 persen dari 1,2 juta penduduk. Bupati Majalengka mengklaim angka warga kategori miskin tersebut mengalami penurunan jika dibandingkan dengan tahun sebelumnya. Pemkab Majalengka terus mengupayakan strategi pemberantasan kemiskinan.

Menyikapi data kemiskinan yang disebut-sebut Bupati Majalengka, Kepala Desa Sukaperna Kecamatan Talaga juga punya langkah strategis untuk menyiasatinya. Hanya saja, langkah strategis untuk penanganan kemiskinan itu, kemungkinan hanya khusus dilakukan di wilayah Desa yang menjadi kewenangannya.

Baca Juga:

Pantai Cemara Udang Cianjur Diserbu Wisatawan Lokal

Ratusan Rumah Terendam Banjir di Kota Tebing Tinggi



Kepala Desa Sukaperna, Haeriah A.Ma mengatakan di desanya saat ini tercatat ada 2,7 ribu penduduk. Namun dari semuanya itu hanya terdapat 140 warga saja yang termasuk kategori "kurang mampu atau miskin".

"Di sini tercatat hanya seratus lebih dikit. Tapi ke depan, saya bersama pemdes dan pihak kecamatan punya langkah untuk menurunkan angka kemiskinan tersebut. Salah satunya dengan pembinaan kewirausahaan." ungkapnya, saat ditemui di balai desa setempat, Rabu (8/1/2020).

Haeriah menambahkan meskipun begitu pemerintah kabupaten ataupun lembaga yang paling berwenang soal pendataan angka miskin, hendaknya kembali melakukan pendataan ulang. Mengingat data miskin yang tampil bisa saja merupakan data lama.
Halaman selanjutnya 1 2
Tags : Badan Pusat Statistik Bupati Majalengka Desa Sukaperna Angka Kemiskinan Jabarnews Berita Jawa Barat Berita Terkini Berita Lokal Berita Hiperlokal

berita terkait

Tempat Wisata di Kabupaten Bandung Ditutup, Ini Kata GPK Jabar

JMN Channel

Persib

Berita Populer

Berita Terkini

Mang Jabar

tag populer

unduh aplikasi