Pelajar SMP di Purwakarta Deklarasi Anti Narkoba

JABARNEWS | PURWAKARTA – Pelajar Sekolah Menengah Pertama (SMP) yang ada di Kabupaten Purwakarta Deklarasi dan ikrar sebagai bentuk komitmen para pelajar untuk menolak segala bentuk peredaran Narkoba sejak dini.

Mengingat, penyalahgunaan Narkoba di Kabupaten Purwakarta yang sudah menyasar generasi muda hingga kalangan pelajar.

“Peredaran narkoba semakin masif dan mengkhawatirkan generasi muda. Oleh karena itu, harus mulai perhatikan anak-anak jika ada perubahan sikap untuk segera konsultasi,” ungkap Kapolres Purwakarta AKBP Matrius melalui Kasat Reserse Narkoba, AKP Heri Nurcahyo, dihadapan para peserta yang hadir dalam deklarasi Anti Narkoba di Aula SMPN 1 Purwakarta, Rabu (8/1/2020).

Baca Juga:  TK SD dan SMP di Cimahi Uji Coba PTM Selama 6 Hari, Ini Jadwalnya

Kalau sudah berani mengkonsumsi narkoba, lanjut dia, selanjutnya akan ada efek ketergantungan. Kemudian para pengguna narkoba akan melakukan berbagai cara mendapatkan barang haram tersebut.

“Kalau ada uang tinggal bayar, kalau tidak bisa saja terjadi tindak pidana. Bisa mencuri atau menipu orang tua agar bisa membeli barang haram tersebut,” imbuhnya.

Menurutnya, narkoba sangat merusak masa depan bangsa dan narkoba juga merusak kesehatan, perubahan karakter serta lainnya.

Baca Juga:  Akan Dibangun Museum Nabi Muhammad di Indonesia

“Kami berharap dengan adanya kegiatan ini para siswa ini bisa memahami tentang bahaya narkoba dan bisa menyebarkan informasi dan ilmu yang didapat kepada teman dan keluarga di tempatnya masing-masing sehingga informasi tentang bahaya narkoba tidak putus dalam kegiatan ini saja,” jelasnya.

Ditempat yang sama, Kasi Kesiswaan dan Pengembangan Karekter, Dinas Pendidikan Kabupaten Purwakarta, Heri Wijaya mengatakan, upaya pencegahan agar pelajar tidak menggunakan narkoba sangat penting dilakukan.

Baca Juga:  Pegawai PLN UIP JBT Terjun Jadi Volunteer Tanam Pohon di Cianjur, Ini Tujuannya

“Ini bentuk upaya Dinas Pendidikan Kabupaten Purwakarta dalam pencegahan peredaran Narkoba di wilayah Purwakarta khususnya pelajar tingkat SMP dan SD yang ada di Purwakarta,” ungkap Heri.

Dirinya menyebut, narkoba harus dijauhi. Karena narkoba sangat membahayakan diri, salah satunya merusak kesehatan.

“Kalau mengonsumsi narkoba badan jadi tidak sehat, jadi ya harus dijauhi jangan dikonsumsi. Kami sepakat ikrarkan Narkoba No, Prestasi Yes,” pungkasnya. (Gin)