aqua

Miris! Lahan Kritis di DAS Citarum Hulu Tembus 77 Ribu Hektar

Dari 77.037 hektare lahan kritis di DAS Citarum hulu. Dari luas tersebut, 61.681 hektare lahan kritis milik masyarakat.

Sungai Citarum dari hulu. (Foto: Net)

JABARNEWS | BANDUNG - Kondisi lahan kritis di sekitar Daerah Aliran Sungai (DAS) Citarum cukup mengkhawatirkan. Berdasarkan data Satuan Tugas (Satgas) Citarum Harum, terdapat 77.037 hektare lahan kritis di DAS Citarum hulu. Dari luas tersebut, 61.681 hektare lahan kritis milik masyarakat.

Menanggapi hal tersebut, Deputi IV Bidang Koordinasi SDM, IPTEK, dan Budaya Maritim Kemenko Bidang Kemaritiman dan Investasi, Safri Burhanuddin mengatakan perlu pendekatan berbeda guna menyelesaikan masalah tersebut.

Baca Juga:

Gelar Sidak, Ini Harapan Satgas Citarum Harum Terhadap PT MSS

Purwakarta Miliki Bank Sampah Induk Bantuan KLHK



Sebelumnya, pada Rabu (8/1/2020), Safri meninjau sejumlah titik DAS Citarum. Mulai dari hulu sungai Citarum sampai command center Citarum Harum.

"Yang masih perlu kita benahi adalah masalah proses penghijauan di atas. Dari 77 ribu hektare lahan kritis, 61 ribu hektare lahan kritis milik masyarakat. Itu tentu pendekatannya berbeda dengan milik negara," kata Safri dalam keterangan yang diterima jabarnews.com, Kamis (9/1/2020).

Safri pun menginstruksikan agar Citarum Harum membuka pintu selebar mungkin dan mengajak berbagai pihak untuk ikut terlibat.
Halaman selanjutnya 1 2
Tags : Lahan Kritis Kemenko Kemaritiman dan Investasi Citarum Harum Satgas Citarum Harum Sungai Citarum DAS Citarum Jabarnews Berita Jawa Barat Berita Terkini Berita Lokal Berita Hiperlokal

berita terkait

Meriahkan HUT RI, Satgas Citarum Harum gelar Lomba KJA

Persib

Berita Populer

Berita Terkini

Mang Jabar

jabarnews tv

tag populer

unduh aplikasi